Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Akhir Kisah Sukses Cheetos, Lays, dan Doritos di Indonesia

Kompas.tv - 20 Februari 2021, 07:00 WIB
akhir-kisah-sukses-cheetos-lays-dan-doritos-di-indonesia
Produk makanan ringan yang diproduksi PT Indofood Fritolay Makmur (Sumber: Rumah Indofood)
Penulis : Dina Karina

JAKARTA, KOMPAS.TV- Mulai Agustus 2021, produk makanan ringan Lays, Cheetos, dan Doritos tidak akan beredar lagi di Indonesia. Hal itu adalah buntut pecah kongsi antara PT Indofood Sukses Makmur Tbk (ICBP) dengan PepsiCo.

Terbyaya, ICBP yang kini menjadi satu-satunya pemilik PT Indofood Fritolay Makmur (IFL), ingin mengamankan produk yang dikembangkannya sendiri. Selain Lays, Cheetos, dan Doritos, IFL juga  memproduksi makanan ringan seperti Chiki, Chitato, JetZ, dan Qtela.

Baca Juga: Netizen Menangis! Tak Ada Lays, Doritos dan Cheetos di Indonesia Mulai Agustus 2021

Namun, Chiki, Chitato, JetZ, dan Qtela bukanlah produk lisensi di bawah naungan PepsiCo. Melainkan asli dari ICBP.

"Kami akan terus memproduksi, menjual dan mengembangkan merek-merek kami, seperti Chitato, Qtela, Chiki dan Jetz, yang telah lama menjadi salah satu makanan ringan favorit masyarakat Indonesia," kata
General Manager Corporate Communication ‎PT Indofood Sukses Makmur Tbk, Stefanus Indrayana, seperti yang dikutip dari Kompas.com, Kamis (18/02/2021).

Baca Juga: Ini Dia Asal-Usul Indomie Racikan Nunuk Nuraini yang Menguasai Dunia

Sekretaris Perusahaan ICBP Gideon A. Putro mengatakan, Chitato dan Qtela merupakan salah satu pemimpin pasar dalam industri makanan ringan di Indonesia. Menurut dia, Chitato menjadi pemimpin dalam kategori keripik kentang dan telah memperoleh kepercayaan serta loyalitas konsumen selama lebih dari 30 tahun.

Sementara Qtela memiliki posisi pasar yang kuat dalam kategori makanan ringan tradisional dan telah berada di pasar selama lebih dari satu dekade.

"ICBP sangat mengerti dengan baik selera dan pilihan makanan ringan dari masyarakat Indonesia dan akan terus mengembangkan portofolionya untuk mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar," ungkap Gideon seperti yang dikutip dari Kontan.co.id, Jumat (19/2).

Baca Juga: Gelandang Arsenal, Thomas Partey: Saya Ingin Jadi Brand Ambassador Indomie!

Sebelumnya, pada 17 Februari lalu, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) secara resmi membeli 49% saham PT Indofood Fritolay Makmur (IFL) yang awalnya dimiliki Fritolay Netherland Holding B.V., afiliasi dari PepsiCo Inc.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.