Kompas TV entertainment selebriti

Pangeran Harry dan Meghan Resmi Berpisah dari Keluarga Kerajaan Inggris

Kompas.tv - 19 Februari 2021, 23:01 WIB
pangeran-harry-dan-meghan-resmi-berpisah-dari-keluarga-kerajaan-inggris
Pangeran Harry dan Meghan sang istri, Duke dan Duchess of Sussex. Foto diambil pada 7 Januari 2020 di London, Inggris. (Sumber: AP Photo / Frank Augstein)
Penulis : Vyara Lestari

LONDON, KOMPAS.TV – Istana Buckingham Inggris mengonfirmasi pada Jumat (19/2) bahwa Pangeran Harry dan istrinya, Meghan, tidak akan kembali melakukan tugas-tugas kerajaan. Pangeran Harry juga akan menyerahkan sejumlah gelar militer kehormatannya. Ini sebuah keputusan yang membuat pasangan itu secara resmi berpisah dari keluarga kerajaan Inggris.

Dilansir dari Associated Press pada Jumat (19/2), saat Pangeran Harry dan Meghan menyingkir dari kehidupan kerajaan pada Maret 2020 lantaran terganggu intervensi media Inggris dan ketatnya tugas kerajaan mereka, disepakati bahwa situasi ini akan ditinjau kembali setahun kemudian.

Kini, setelah setahun berlalu, Istana Buckingham menyatakan bahwa pasangan yang terkenal dengan julukan Duke dan Duchess of Sussex ini telah memutuskan bahwa “mereka tidak akan kembali sebagai bagian dari anggota Keluarga Kerajaan”.

Ratu Elizabeth II telah berbicara pada pangeran berusia 36 tahun itu, dan mengonfirmasi bahwa “dengan menyingkir dari tugas sebagai anggota Keluarga Kerajaan, tidak mungkin untuk melanjutkan tangung jawab dan tugas yang sejalan dengan kehidupan melayani publik.”

Baca Juga: Meghan Markle dan Pangeran Harry Pilih Rayakan Natal di Amerika Ketimbang Pulang ke Inggris

Istana Buckingham menyatakan, penunjukan Harry sebagai kapten jenderal Marinir Kerajaan dan gelar-gelar militer lain akan dikembalikan ke ratu sebelum dibagikan kepada anggota keluarga kerajaan yang lain.

Harry mengabdikan diri di militer Inggris selama 10 tahun, termasuk saat bertugas di garis depan di Afghanistan, dan menjalin hubungan dekat dengan militer. Ia mendirikan kompetisi Invictus Games bagi para prajurit yang terluka, yang digelar pertama kali pada 2014 di Taman Olimpiade Ratu Elizabeth di London.

Harry juga harus melepaskan posisinya sebagai pelindung Persatuan Sepak Bola Rugbi, Liga Sepak Bola Rugbi dan Dana Amal Maraton London. Meghan juga harus melepaskan perannya sebagai pelindung Teater Nasional Inggris dan Asosiasi Universitas Persemakmuran.

“Meski semua merasa sedih atas keputusan mereka, Duka dan Duchess tetap akan menjadi anggota tercinta keluarga kami,” demikian bunyi pernyataan istana Inggris itu.

Aktris Amerika Meghan Markle, mantan bintang drama hukum televisi “Suits” ini menikah dengan cucu Ratu Elizabeth II, Harry di Kastil Windsor pada Mei 2018. Putra mereka, Archie, lahir setahun kemudian.

Baca Juga: Meghan Markle Hamil Anak Kedua, Archie Akan Segera Punya Adik



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x