Kompas TV bisnis ukm

BRI Beri Pinjaman untuk UMKM, Ini Cara Pengajuan dan Syaratnya

Kompas.tv - 19 Februari 2021, 20:00 WIB
bri-beri-pinjaman-untuk-umkm-ini-cara-pengajuan-dan-syaratnya
Ilustrasi bantuan dana UMKM (Sumber: corona.jakarta.go.id)
Penulis : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pandemi Covid-19  yang sudah terjadi lebih dari setahun telah menghantam berbagai sektor. Salah satunya sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Di Indonesia tak sedikit UMKM harus gulung tikar lantaran kurangnya omzet sehingga tidak memiliki modal yang cukup untuk memutar usahanya.

UMKM pun memerlukan tambahan modal atau pinjaman agar bisa kembali bergairah. Pinjaman ini pun bisa berasal dari pinjaman online alias Finansial Technology (Fintech) hingga perbankan.

Salah satu perbankan yang bisa meminjamkan dana untuk UMKM adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI). 

Baca Juga: BRI Rilis Hasil Survey UMKM, Pelaku Optimis Ekonomi Pulih

Mengutip laman www.bri.co.id, Jumat (19/2/2021), BRI menyediakan 3 kategori pinjaman UMKM yang bisa dijadikan pilihan, yaitu Pinjaman Mikro, Retail Menengah, dan Pinjaman Program. 

Berikut ini Kompas.tv sarikan 3 kategori pinjaman BRI untuk UMKM:

1. Pinjaman Mikro

Pinjaman Mikro terbagi menjadi dua, yaitu Kredit Usaha Mikro (KUR) dan Kupedes.

Sesuai dengan namanya, KUR merupakan jenis pinjaman dari BRI yang diperuntukan bagi pelaku usaha mikro, usaha kecil, dan koperasi, dengan batas pinjaman mencapai Rp 500 juta.

Bagi UMKM yang ingin melakukan pinjaman KUR, syaratnya adalah harus memiliki usaha produktif, layak, serta setidaknya telah berjalan secara aktif kurang lebih minimal 6 bulan.

Selain itu peminjam juga tidak sedang menerima kredit apapun dari perbankan, kecuali untuk keperluan konsumtif, seperti kartu kredit, KPR, KKB, dan lain-lain.

Peminjam juga harus memiliki Surat Izin Usaha, memiliki dokumen lainnya yang dibutuhkan, seperti KTP dan Kartu Keluarga. 

Baca Juga: Ramai #sellerasingbunuhUMKM, Menkop UKM akan Panggil Shopee soal Mr Hu

Sementara Kupedes adalah jenis pinjaman yang diperuntukan bagi semua sektor ekonomi, baik itu badan usaha maupun individu, selama memenuhi persyaratan yang diberlakukan.

Adapun persyaratannya peminjam harus memiliki pengalaman usaha setidaknya minimal 1 tahun, melampirkan legalitas usaha (minimal surat keterangan usaha dari Kepala Desa/Lurah/Pasar), melengkapi identitas diri yang diminta, seperti KTP atau SIM.

Cara untuk mendapatkan peminjaman ini, peminjam dapat langsung melakukan pendaftaran pinjaman BRI untuk UMKM melalui online, yaitu dengan mengunjungi situs bank BRI secara langsung.

Baca Juga: 2 Jurnalis Kompas Tv Juarai Lomba Jurnalistik UMKM Bangkit



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.