Kompas TV olahraga kompas sport

Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2022 Zona Asia Ditunda Hingga Juni

Kompas.tv - 19 Februari 2021, 18:37 WIB
kualifikasi-piala-dunia-fifa-2022-zona-asia-ditunda-hingga-juni
Kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022. Konfederasi Sepak Bola Asia AFC mengumumkan pada Jumat (19/2/2021) mayoritas pertandingan kualifikasi Piala Dunia Asia 2022 di bulan Maret akan ditunda hingga Mei dan Juni, dengan beberapa pengecualian termasuk Jepang, Australia dan Arab Saudi. (Sumber: AFC)
Penulis : Edwin Shri Bimo

KUALA LUMPUR, KOMPAS.TV - Konfederasi Sepak Bola Asia mengumumkan pada Jumat (19/2/2021) mayoritas pertandingan kualifikasi Piala Dunia Asia 2022 di bulan Maret akan ditunda hingga Mei dan Juni, dengan beberapa pengecualian termasuk Jepang, Australia dan Arab Saudi.

"Mempertimbangkan pembatasan perjalanan dan karantina yang ada yang disebabkan oleh pandemi COVID-19 di seluruh benua, AFC dan FIFA telah bersama-sama setuju untuk menunda mayoritas kualifikasi Asia yang akan datang untuk Piala Dunia FIFA Qatar 2022," kata AFC dalam sebuah pernyataan yang dilansir Associated Press, Jum'at, (19/02/2021)

Ada empat pertandingan yang akan dilanjutkan. Pada 25 Maret, Arab Saudi akan menjamu Yaman di Riyadh sementara Tajikistan dan Mongolia juga akan bertanding.

Baca Juga: AFC Mundurkan Jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2022

Lima hari kemudian, Mongolia akan melakukan perjalanan ke Tokyo untuk menghadapi Jepang dan Australia menuju ke Nepal.

Pertandingan terakhir di babak kualifikasi kedua berlangsung pada November 2019 karena beberapa penundaan karena pembatasan perjalanan COVID-19.

Perlombaan untuk menyelesaikan putaran kedua kualifikasi, dengan sebagian besar dari 40 tim yang terlibat memiliki empat pertandingan tersisa sebelum tenggat waktu 15 Juni saat ini.

AFC mengatakan telah bekerja dengan asosiasi anggota yang dikelompokkan bersama untuk membantu mereka membuat pengaturan sendiri dan memainkan permainan yang tersisa di satu tempat.

Baca Juga: Qatar Rencanakan Piala Dunia 2022 Secara Normal

Logo AFC, Asian Football Confederation. Konfederasi Sepak Bola Asia mengumumkan pada Jumat (19/2/2021) mayoritas pertandingan kualifikasi Piala Dunia Asia 2022 di bulan Maret akan ditunda hingga Mei dan Juni, dengan beberapa pengecualian termasuk Jepang, Australia dan Arab Saudi. (Sumber: AFC)

Pemenang dari delapan grup di babak kedua, bersama dengan empat tim peraih posisi kedua terbaik, akan maju ke babak kualifikasi ketiga yang dijadwalkan akan dimulai pada bulan September.

AFC mengatakan pihaknya membuat keputusan bersama dengan badan sepak bola dunia FIFA untuk menunda serangkaian laga kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia AFC 2023, yang dijadwalkan berlangsung pada 25 dan 30 Maret.

Seluruh laga yang dijadwalkan pada Maret akan dimainkan pada Juni secara terpusat sebagai bagian dari penjadwalan ulang kompetisi.

Dengan peraturan pembatasan perjalanan dan karantina saat ini, seluruh tim nasional di Asia belum pernah memainkan laga kualifikasi Piala Dunia FIFA sejak November 2019.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x