Kompas TV bisnis ukm

Dipanggil Teten soal Mr Hu, Shopee: Penjualan Barang Lintas Negara cuma 3% di Shopee

Kompas.tv - 19 Februari 2021, 14:20 WIB
dipanggil-teten-soal-mr-hu-shopee-penjualan-barang-lintas-negara-cuma-3-di-shopee
Shopee (Sumber: Dok. Shopee)
Penulis : Dina Karina

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki telah bertemu dengan manajemen Shopee pada Kamis 18 Februari kemarin. Pertemuan itu membahas keberadaan Mr Hu di Shopee yang meresahkan masyarakat.

Head of Public Policy and Government Relations Shopee Indonesia Radityo Triatmojo mengatakan, dari 4 juta penjual aktif di Shopee, 98,1% nya merupakan UMKM yang berasal dari Indonesia. Sedangkan penjual crossborder atau lintas negara seperti Mr Hu hanya 0,1% saja.

Sementara dari total seluruh penjualan barang Shopee, 74,1% berasal dari produk UMKM dalam negeri dan 3%
dari produk crossborder. Sisanya baru dari pedagang besar lokal.

Baca Juga: Ramai #sellerasingbunuhUMKM, Menkop UKM akan Panggil Shopee soal Mr Hu

"Shopee berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan serta keberlangsungan bisnis para pelaku UMKM di Indonesia dengan memberikan sorotan khusus melalui inisiatif dan inovasi yang dihadirkan sejak awal Shopee berdiri," kata Radityo dalam keterangan tertulisnya seperti dikutip dari Kompas.com, Jumat (19/02/2021).

Shopee juga sudah bekerja sama dengan sejumlah Kementerian/Lembaga mengadakan program edukasi dan pendampingan, dengan program Kampus Shopee.

Shopee juga memiliki kanal khusus Kreasi Nusantara untuk memasarkan produk UMKM dalam negeri.

Baca Juga: Soal IPO di AS, Traveloka: Kami Ingin Satu Liga dengan Perusahaan Teknologi Dunia

Sementara itu, Menkop UKM Teten Masduki menegaskan pihaknya akan melindungi UMKM lokal. Jika diperlukan, Teten akan membuat regulasi khusus agar produk UMKM lokal menjadi prioritas di semua e-commerce.

"Jika diperlukan, Kementerian Koperasi dan UKM akan mendorong diterbitkannya kebijakan Pemerintah untuk melindungi UMKM dari praktik perdagangan yang tidak adil," kata Teten dalam keterangan tertulisnya.

Tagar #SellerAsingBunuhUMKM ramai di Twitter sejak kemarin. Warga Twitter banyak mengunggah bukti transaksi pembelian barang kebutuhan rumah tangga di Shopee yang semuanya dikirim oleh penjual bernama Mr Hu dari China.

Baca Juga: Traveloka akan IPO di Bursa AS



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x