Kompas TV nasional wawancara

Kontroversi Wacana Hukuman Mati Bagi Koruptor

Jumat, 19 Februari 2021 | 21:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wacana hukuman mati untuk koruptor menggema lagi. Kini, wacana yang sama tertuju pada dua mantan menteri yang menjadi tersangka korupsi yaitu Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, dan Mantan Menteri Sosial Juliari Batubara.

Baca Juga: KPK dan Ahli Hukum Pidana Tanggapi Soal Tuntutan Hukuman Mati bagi Koruptor di Masa Pandemi

Selain hukuman mati yang menimbulkan pro dan kontra di masyarakat, langkah pencegahan dan pemberantasan korupsi bisa dicapai dengan beragam cara, baik di hulu sistem perundangan hingga hilir penindakan.

Selain hukuman mati yang belum tentu efektif menjerakan pelaku korupsi, masih ada alternatif hukuman lain seperti perampasan aset dan pemiskinan koruptor.

Baca Juga: Setya Novanto hingga Djoko Susilo, Koruptor yang Bertani di Lapas Sukamiskin

Untuk membahasnya, simak dialog bersama Mantan hakim dan Pengamat Hukum, Asep Iwan Iriawan, Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia, Usman Hamid, dan Peneliti ICW, Lola Ester.

Penulis : Reny Mardika





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:15
IKUTI WEBINAR "BERPARTNER DENGAN MEDIA" BERSAMA TIM HARIAN KOMPAS, DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID!   SATGAS NEMANGKAWI: CEPAT ATAU LAMBAT KKB PASTI TERTANGKAP   100 PERSONEL SATGAS NEMANGKAWI HADIR DI DISTRIK BEOGA, PUNCAK, PAPUA, LINDUNGI MASYARAKAT DARI KKB   BUPATI TEGAL UMI AZIZAH MINTA WARGA AMBIL SISI POSITIF DARI LARANGAN MUDIK LEBARAN   PEBALAP MARC MARQUEZ DINYATAKAN LOLOS TES MEDIS UNTUK GRAND PRIX MOTOGP PORTUGAL   GRAND PRIX FORMULA 1 KANADA DIBATALKAN AKIBAT PANDEMI KORONA   SHALAT TARAWIH DI MASJID NABAWI DAN MASJIDIL HARAM DIKURANGI MENJADI 10 RAKAAT   RAJA ARAB SAUDI SALMAN BIN ABDULAZIZ AL-SAUD IZINKAN MASJID NABAWI DAN MASJIDIL HARAM GELAR SHALAT TARAWIH   DUA ANGGOTA KKB PIMPINAN PUROM WENDA DI KABUPATEN LANNY JAYA, PAPUA, SERAHKAN DIRI KE POLISI   DISHUB JATIM PERBOLEHKAN WARGA MUDIK LOKAL JIKA PUNYA SURAT TUGAS   DISHUB JATIM MELARANG WARGA MUDIK DI PERKOTAAN/KABUPATEN YANG TERHUBUNG DALAM KESATUAN WILAYAH (MUDIK LOKAL)   PEMPROV KALTENG PERKETAT SYARAT MASUK WILAYAHNYA DENGAN TES ANTIGEN/PCR   WAKIL WALI KOTA BATAM AMSAKAR ACHMAD DAN ISTRINYA POSITIF TERINFEKSI COVID-19   SATGAS COVID-19: JABAR JADI PROVINSI TERBAIK PENERAPAN PPKM MIKRO DI INDONESIA