Kompas TV advertorial

Kenalkan Puvicon, Mampu Membunuh Virus di Udara Hingga 90 Persen Lebih

Kompas.tv - 18 Februari 2021, 21:18 WIB
Penulis : Aryo bimo

DEPOK, KOMPAS.TV - Tingginya angka kasus Covid-19 di Indonesia membuat sebagian orang berinovasi untuk menciptakan alat yang berfungsi untuk membunuh virus.

Salah satu alat hasil inovasi tersebut bernama Puvicon. Alat ini dikembangkan oleh tim dari Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

Puvicon adalah alat purifikasi udara dengan metode plasma dingin non thermal. Alat ini diklaim mampu menghilangkan lebih dari 90 persen virus di udara dalam waktu 10 menit. 

Diberi nama Puvicon, alat ini bekerja dengan menggunakan teknologi Puvico tiga. Bagaimana cara kerjanya? 

Molekul udara dan uap air yang di ionisasi, dihamburkan kembali ke udara secara konveksi paksa. Puvicon dinilai efektif untuk pasien Covid-19 yang sedang melakukan isolasi mandiri.

Selain itu, Puvicon dapat bekerja dengan berbasis ozon dan air purifier secara ionisasi plasma yang nantinya akan mengeluarkan disinfektasi virus melalui empat tahap.

Empat tahap tersebut adalah disinfektasi berbasis filterisasi, disinfektasi dengan sinar UVC, disenfektasi dengan gas ozon dan disinfektasi dengan plasma.

Pakar ozon dan teknologi plasma Universitas Indonesia, Profesor Dr. Ir. Setijo Bismo, mengatakan plasma yang ada pada kipas teknologi plasma ini berbeda dengan plasma yang berada pada Air Conditioner (AC) atau alat pendingin ruangan.

Kipas teknologi plasma yang terdapat di dalam Puvicon mengandung daya listrik magnet 3.500 hingga 5.600 volt, yang mampu membunuh virus pada ruangan, khususnya ruangan isolasi pasien Covid-19.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x