Kompas TV regional berita daerah

18 Rumah Warga di Lumajang Rusak Diterjang Puting Beliung

Kompas.tv - 18 Februari 2021, 20:41 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Belasan rumah di Lumajang Jawa Timur rusak diterjang angin puting beliung pada Rabu sore (17/02). Beruntung tidak ada korban dalam kejadian itu, namun atap rumah warga rusak sehingga air hujan masuk.

Detik-detik terjadinya puting beliung sempat direkam oleh warga menggunakan kamera handphone. Dalam rekaman itu terlihat puting beliung menerjang pemukiman warga yang berada di Desa Penanggal Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang. Sejumlah warga terdengar berteriak takut lantaran angin bertiup cukup kencang.

Menurut Kepada Desa Penanggal,Cik Ono, kejadian itu diawali dengan cuaca yang tiba-tiba mendung. Tak lama kemudian puting beliung datang secara tiba-tiba dan menyapu delapan belas rumah warga di Dusun Sumbersari Desa Penanggal.

Usai puting beliung menerjang, hujan dengan intensitas sedang kemudian turun dan membasahi rumah warga yang bocor akibat atapnya terbawa puting beliung.

Warga secara swadaya menutup atap rumah mereka dengan menggunakan terpal agar tidak terkena air saat hujan.

Baca Juga: Puluhan Rumah dan Ratusan Hektar Sawah di Lumajang Terendam Banjir

Komandan Regu A TRC BPBD Lumajang, Tanto Agustian, yang berada di lokasi kejadian mengatakan bahwa pihak BPBD menerjunkan timnya untuk membantu warga memasang terpal dan dalam waktu dekat akan dikirim bantuan untuk korban puting beliung.    

Data dari BPBD setempat, selain Desa Penanggal, seluruh wilayah di Kabupaten Lumajang rata-rata diterjang angin kencang. Hingga saat ini, masih belum ada laporan korban dalam kejadian itu.

 

#PutingBeliung #AnginKencang #BencanaAlam #RumahRusak #Lumajang #BPBD



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x