Kompas TV regional berita daerah

Walhi: Rumah Sakit dan Dinas Lingkungan Hidup Harus Bertanggung Jawab atas Kasus Limbah Medis

Kompas.tv - 18 Februari 2021, 14:29 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI ) daerah Lampung, menyoroti kasus temuan limbah medis di TPA Bakung Bandar Lampung.

Walhi menyayangkan sikap pihak Rumah Sakit Urip Sumoharjo terkait temuan limbah medis yang melempar tanggung jawab kepada pihak ketiga, dalam hal ini selaku perusahaan pengelola limbah.

Direktur Walhi Lampung, Irfan Tri Musri mengatakan meski telah menjalin kerja sama dengan pihak ketiga untuk mengelola limbah, pihak rumah sakit tetap harus turut bertanggung jawab.

Karena menurutnya berdasarkan informasi yang ada, saat itu yang mengangkut limbah medis dari rumah sakit ialah truk pengangkut sampah milik Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung, artinya tidak ada kaitannya dengan pihak ketiga.

Baca Juga: Polisi Rilis Temuan Barang Bukti Limbah Medis dari TPA Bakung

Walhi juga menegaskan pihak RS Urip Sumoharjo dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung lah yang harus bertanggung jawab atas kasus tumpukan limbah medis di TPA Bakung.

Apalagi jika kondisi ini telah berlangsung sejak lama, dan tak kunjung diselesaikan justru akan menimbulkan masalah baru yang dapat berbahaya bagi masyarakat dan lingkungan disekitar TPA.

Walhi juga mengapresiasi Polda Lampung yang bergerak cepat dalam menangani kasus ini dan berharap kasus ini segara naik ke tahap penyidikan demi mengungkap dalang dibalik kasus pembuangan limbah medis di TPA Bakung.

#WalhiLampung #RSUripSumoharjo #limbahmedis 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x