Kompas TV nasional peristiwa

Mantan Rektor PTIK dan Wakil Ketua DPD Farouk Muhammad Meninggal Dunia

Kompas.tv - 18 Februari 2021, 11:44 WIB
mantan-rektor-ptik-dan-wakil-ketua-dpd-farouk-muhammad-meninggal-dunia
Almarhum mantan Rektor PTIK Farouk Muhammada Saleh (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Iman Firdaus


JAKARTA, KOMPAS.TV- Mantan Rektor Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) Inspektur Jenderal (purn) Prof. Dr. Farouk Muhammad Saleh meninggal dunia, Kamis (18/2/2021). Almarhum menghembuskan nafas terakhir pada pukul 02.00 dinihari karena sakit di rumahnya, Kebagusan, Jakarta Selatan.

Farouk pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI 2014-2017 dan anggota DPD RI dari NTB 2009-2014. Sebelum masuk ke ranah senator, Farouk adalah polisi yang pernah bertugas di Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai Kapolda dan kemudian menjadi Rektor PTIK.

Setelah tak bertugas di DPD, Farouk berkecimpung di Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) sebagai Ketua Majelis Percepatan Pembangunan Daerah. 

Baca Juga: Adik Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran  Jadi Ketua DPD PAN Gowa

Menkopolhukam Mahfud MD menyatakan bela sungkawanya, "Farouk Muhammad, mantan Kapolda NTB, Rektor PTIK, Wakil Ketua DPD, telah wafat hari Kamis, 18 Pebruari 2021. Almarhum adalah salah seorang tokoh terbaik dari POLRI. Kita berduka atas kepergiannya, semoga diampuni dosa-dosanyanya dan mendapat surga-Nya, Inna lillah wa inna ilaihi raji'un," kata Mahfud MD.

Baca Juga: Gawat! Tak Hanya Personel TNI-Polri, Polisi Sebut KKB Papua Sudah Incar Warga di Intan Jaya

Farouk lahir di Bima tanggal 17 Oktober 1949. Karir di kepolisian terbilang cemerlang. Alumni Akabri bagian Kepolisian tahun 1972 ini juga pernah diberi jabatan sebagai  Kapolda Maluku tahun 2001-2002 sebelum menjadi meenjadi Gubernur PTIK tahun 2002 sampai tahun 2006.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x