Kompas TV regional berita daerah

Jadi Heboh Pembangunan di Pacitan, Ternyata Museum SBY sudah ada di Akmil Magelang

Kompas.tv - 18 Februari 2021, 11:00 WIB
jadi-heboh-pembangunan-di-pacitan-ternyata-museum-sby-sudah-ada-di-akmil-magelang
Salah satu ruangan Museum Pavilun 5 yang berisi beragam peralatan perang mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). (Sumber: KOMPAS.com/Ika Fitriana)
Penulis : Gading Persada

MAGELANG, KOMPAS.TV- Rencana pembangunan ‘Museum SBY’ di Pacitan menjadi heboh lantaran Yudhoyono Foundation selaku pihak yang akan membangun museum tersebut bersama Galeri Ani disebut-sebut mendapat bantuan sebesar Rp 9 miliar dari pemerintah setempat.

Ternyata tak hanya di Pacitan, Jawa Timur. ‘Museum SBY’ bahkan sudah berdiri di kota lain. Tepatnya di dalam Komplek Akademi Militer (Akmil) Magelang.

Melansir Kompas.com, Kamis (18/2/2021), ‘Museum SBY’ merupakan Museum Paviliun 5 Akademi Militer (Akmil) Magelang tersebut diresmikan oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) beberapa jam sebelum ia melepaskan jabatannya sebagai kepala negara pada Jumat (17/10/2014).

Baca Juga: Dana Hibah Museum SBY, Bupati: Uangnya Belum Diserahkan

Namun, selama pandemi Covid-19 yang masih terjadi hingga saat ini, museum tersebut ditutup dan belum bisa dikunjungi masyarakat umum.

Paviliun bernomor 5A dan 5B yang ada di Kompleks Akmil Magelang tersebut menyimpan benda-benda yang berkaitan dengan Presiden RI ke-6 tersebut terutama saat dirinya menjadi prajurit militer pada tahun 1970-1973.

Paviliun tersebut tidak terlalu besar dan hanya berukuran 8x6 meter. Namun dahulu paviliun tersebut menjadi tempat tinggal 'istimewa' untuk taruna berprestasi.

Baca Juga: Dana APBD Rp 9 M untuk Museum SBY-ANI, Bupati Pacitan: Untuk Perkembangan Wisata dan Ekonomi

Mulai dari mantan Komandan Kopassus Prabowo Subianto. Prabowo yang saat ini menjadi Menteri Pertahanan (Menhan) tercatat menempati paviliun yang sama dengan yang ditempati SBY tahun 1974 bersama Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin.

Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Budiman juga menempati paviliun ini pada tahun 1978.

Lalu Panglima TNI Jenderal Moeldoko menempati Paviliun 5A ini tahun 1981.

Baca Juga: Demokrat: Museum SBY akan Jadi Wahana Pengenalan Sejarah yang Sangat Berguna

Nama putra sulung SBY, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ternyata juga tercatat menempati paviliun ini pada tahun 2000.

Sementara itu SBY menempati paviliun itu saat menjadi Komandan Divisi Korps Taruna, yang sekarang lebih dikenal sebagai Komandan Resimen Korps Taruna.

Saat masuk ke pavilun, pengunjung akan disuguhi suasana kamar tidur SBY yang masih asli.

Di kamar tersebut ada tempat tidur kuno dari rangka besi lengkap dengan kasur kapuk dan bantal.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x