Kompas TV nasional viral

Warga Satu Desa di Tuban Ramai Borong Ratusan Mobil, Kades: Saya Khawatir Sedikit yang Dipakai Usaha

Kompas.tv - 18 Februari 2021, 08:29 WIB
warga-satu-desa-di-tuban-ramai-borong-ratusan-mobil-kades-saya-khawatir-sedikit-yang-dipakai-usaha
Tangkapan gambar dari Instagram yang menampilkan sejumlah truk towing membawa mobil-mobil baru pesanan warga Desa Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur (Sumber: akun Instagram @ndorobeii)
Penulis : Gading Persada

TUBAN, KOMPAS.TV- Kepala Desa (Kades) Sumbergeneng Gihanto mengaku khawatir dengan perubahan perilaku warganya yang menjadi konsumerisme lantaran baru saja menjadi miliader usai mendapatkan pembayaran penjualan tanah mereka.

Sebagaimana diketahui warga satu desa yang berada di Kecamatan Jenu, Tuban, Jawa Timur itu menjadi viral lantaran memborong ratusan mobil setelah uang pembayaran penjualan tanah untuk proyek kilang minyak Tuban cair.

Baca Juga: Dulu Ditolak, Kini Buat Warga Desa Kaya Mendadak, Ini Fakta Kilang Minyak Tuban

Gihanto pun menyimpan kekhawatiran jika warga tidak memanfaatkan uang tersebut untuk kepentingan jangka panjang. Sang Kades mengaku hanya sedikit warga yang memanfaatkan uang untuk usaha.

"Yang dibuat untuk usaha sedikit, banyak yang digunakan untuk beli mobil, sudah ada 176 mobil baru yang dibeli secara bertahap, kemarin baru datang 17 mobil,” terangnya, Selasa (16/2/2021).

Melansir Surya.co.id, bahkan Gihanto mengaku tak heran di wilayahnya sulit ditemukan usaha seperti warung makan.

Baca Juga: Ogah Beli Mobil Murah, Segini Harga Mobil yang Diborong Warga Jenu Tuban

“Jadi jangan heran kalau di kampung sini cari warung makan aja susah,” imbuh dia.

Aksi borong mobil yang dilakukan warga Desa Sumbergeneng memang tak main-main. Hal ini dilihat dari mobil-mobil yang dibeli mereka. Terhitung ada 176 mobil yang dibeli.

Bahkan ada satu orang yang membeli dua hingga tiga mobil. Rata-rata warga membeli Innova, Pajero, HRV hingga Honda Jazz.

Baca Juga: Ini Kata Warga Satu Desa di Tuban Viral Lantaran Borong Ratusan Mobil: Untuk Kebutuhan Sehari-hari

"Ya memang kondisinya begitu, dapat uang lalu beli mobil, ada juga yang dibelikan tanah lagi maupun bangunan rumah juga," tambah Gihanto.

Warga, lanjutnya, mendapatkan uang hasil penjualan tanah yang rata-rata mencapai Rp 8 miliar. Bahkan ada warga yang menerima Rp 26 miliar dan Rp 38 miliar atas kepemilikan beberapa hektare lahan.

Sebelumnya, video viral warga satu desa borong ratusan mobil diunggah pertama kali oleh akun Tiktok @rizkii.02 pada Minggu (14/2/2021).

Baca Juga: Warga Satu Desa di Tuban Borong Ratusan Mobil, Dealer: Penjualan Meningkat Hingga 400 Persen

Dari keterangan yang ditulis pengunggah, mobil itu dibeli oleh sejumlah orang dalam satu desa yang sama.

"Satu desa borong mobil.mantap..!!" tulis keterangan di dalam video.

Demikian juga dengan akun @Eko Santoso, yang menulis: Gimana rasanya tetangga y....dikira ambil pesugihan kali.gua aj cm punya mobil 1 dikira cari pesugihan.

Lalu, akun @shanty88: menulis: w kira td itu mobil pada d derek karna kena razia parkir liar..,eh ga taunya abis borong mobil..Masya Allah
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x