Kompas TV internasional kompas dunia

Suami Ratu Inggris, Pangeran Philip, Dirawat di Rumah Sakit

Kompas.tv - 18 Februari 2021, 04:59 WIB
suami-ratu-inggris-pangeran-philip-dirawat-di-rumah-sakit
Suami Ratu Elizabeth II, Pangeran Philip yang berusia 99 tahun, dirawat di rumah sakit. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu

LONDON, KOMPAS.TV – Suami Ratu Inggris, Pangeran Philip yang berusia 99 tahun, dirawat di rumah sakit di London setelah merasa sakit. Hal ini diumumkan staf Istana Buckingham, Rabu (17/2/2021).

Seperti dikutip dari the Associated Press, staf Istana Buckingham mengatakan, suami Ratu Elizabeth II dirawat di Rumah Sakit swasta King Edward VII pada Selasa malam.

Perawatan ini disebut sebagai tindakan pencegahan, atas saran dari dokter yang merawat Pangeran Phillip. Philip yang juga dikenal dengan gelar Duke of Edinburgh, diperkirakan akan tinggal selama beberapa hari di rumah sakit untuk observasi dan istirahat.

Baca Juga: Lowongan Kerja: Dicari Admin Media Sosial untuk Ratu Elizabeth, Gajinya Rp 519 Juta

Penyakitnya diyakini tidak terkait dengan Covid-19. Sebelumnya, Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip telah menerima dosis pertama vaksin virus corona pada awal Januari.

Kantor Perdana Menteri Boris Johnson mengatakan, ia mengirimkan harapan terbaik kepada Duke of Edinburgh, saat Pangeran Philip harus menjalani istirahat di rumah sakit.

Pangeran Philip telah pensiun dari tugas publik pada 2017 dan kini sudah jarang muncul di depan umum. Kemunculan terakhirnya di depan publik adalah dalam upacara militer di Istana Buckingham pada bulan Juli 2020 lalu.

Selama lockdown karena virus corona di Inggris saat ini, Duke of Edinburgh tinggal di Kastil Windsor, sebelah barat London, bersama Ratu Elizabeth II. Ratu melakukan tugas-tugas kenegaraan dan pertemuan dengan pejabat dari jarak jauh.

Baca Juga: Ratu Elizabeth dan Pangeran Phillip Rayakan Ulang Tahun Pernikahan ke-73

Jika lockdown masih terus berlangsung, keluarga kerajaan Inggris akan merayakan ulang tahun ke-100 Pangeran Philip pada 10 Juni mendatang.

Pangeran Philip menikah dengan Putri Elizabeth pada tahun 1947. Dia merupakan pasangan pemimpin kerajaan Inggris terlama dalam sejarah Inggris. Kini dia dan Ratu Elizabeth memiliki empat anak, delapan cucu dan sembilan cicit.

Ia merupakan seorang mantan perwira angkatan laut. Dia juga seorang pemain polo dan memiliki kesehatan yang baik hingga usia lanjut. Namun dia diketahui memiliki beberapa masalah kesehatan dalam beberapa tahun terakhir.

Pada tahun 2011, ia dilarikan ke rumah sakit dengan helikopter setelah menderita nyeri dada dan dirawat karena penyumbatan arteri koroner. Pada 2017, ia menghabiskan dua malam di rumah sakit King Edward VII dan dirawat di rumah sakit selama 10 hari pada 2018 untuk penggantian pinggul.

Pangeran Philip terakhir kali dirawat di rumah sakit pada Desember 2019. Saat itu, dia menghabiskan empat malam di Rumah Sakit King Edward VII.

Baca Juga: Barbados Hapus Ratu Elizabeth sebagai Kepala Negara Mulai Tahun Depan, Ini Sebabnya

Dia terpaksa berhenti mengemudi pada usia 97, setelah menabrak mobil saat mengemudikan Land Rover di dekat perkebunan Sandringham pada Januari 2019. Philip membutuhkan bantuan untuk keluar dari Land Rover tetapi tidak terluka. Seorang wanita di kendaraan lain mengalami patah pergelangan tangan karena peristiwa ini.

Meskipun setelah kecelakaan itu dia berhenti mengemudi mobil, namun dia tetap menunggang kuda dan mengemudikan kereta kuda di lahan pribadi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x