Kompas TV regional kriminal

Sosok Kapolsek Astanaanyar yang Ditangkap karena Narkoba, Ternyata Pernah Ungkap Peredaran Kokain

Kompas.tv - 18 Februari 2021, 05:00 WIB
sosok-kapolsek-astanaanyar-yang-ditangkap-karena-narkoba-ternyata-pernah-ungkap-peredaran-kokain
Nama Kompol Yuni Purwanti, Kapolsek Astana Anyar, kini menjadi sorotan setelah ditangkap Propam Mabes Polri dan Propam Polda Jabar. Kompol Yuni diduga terlibat kasus narkoba bersama 11 anggota lainnya. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Tito Dirhantoro

BANDUNG, KOMPAS TV - Kapolsek Astanaanyar, Kompol Yuni Purwanti Kusuma Dewi, tengah menjadi sorotan publik. Pasalnya, polwan cantik itu kedapatan mengonsumsi narkoba jenis sabu-sabu.

Hal ini terungkap setelah tersangka Kompol Yuni bersama belasan anggota Polri yang merupakan anak buahnya ditangkap di sebuah hotel di Kota Bandung, Jawa Barat pada Selasa (16/2/2021).

Adalah tim gabungan dari Propam Mabes Polri dan Polda Jabar yang menangkap belasan oknum polisi itu ketika tengah mengonsumsi barang haram tersebut.

Baca Juga: Kapolsek Astanaanyar Ditangkap Bersama Anak Buahnya di Hotel, Sanksi Kapolda Jabar: Bisa Dipecat

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Erdi A Chaniago, mengatakan total ada 12 anggota polisi yang ditangkap oleh tim gabungan Mabes Polri dan Polda Jabar.

"Total ada 12 (anggota Polri). Termasuk kapolseknya. Sekarang sedang diamankan Propam Polda Jabar," kata Erdi di Mapolda Jabar pada Rabu (17/2/2021), seperti dikutip dari TribunJabar.com.

Mereka yang diamankan, kata Erdi, sudah menjalani tes urine. Hasilnya, tersangka Kompol Yuni salah satu yang positif menggunakan narkoba jenis sabu-sabu.

"Dari pemeriksaan cek urine yang dilakukan beberapa orang di antaranya ada yang positif. Kapolseknya positif," ucap Erdi.

Baca Juga: Kronologi Penangkapan Kapolsek Kompol Yuni Purwanti Atas Kasus Narkoba

Selama bertugas sebagai anggota Korps Bhayangkara, Kompol Yuni tentu tidak asing lagi dengan narkoba. Ia kerap menangani kasus peredaran atau penyalahgunaan narkoba.

Dalam mengungkap kasus narkoba, Kompol Yuni merupakan salah satu polisi yang berprestasi.

Betapa tidak, dialah polisi yang berhasil mengungkap kasus peredaran kokain di Bogor, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.
Ketika itu, jabatannya masih Kanit 3 Sub Dit 2 Dit Narkoba Polda Jabar.

Kompol Yuni bersama sejumlah personel Polda Jabar berhasil menangkap dua pelaku yang membawa narkotika jenis kokaina atau kokain di Kabupaten Bogor, pada Sabtu (30/3/2019).

Baca Juga: Kapolsek Astanaanyar Terjerat Narkoba, Berikut Catatan Kasus Polisi Pengedar dan Pengguna Narkoba

Kompol Yuni mengisahkan bagaimana pihaknya mengungkap kasus peredaran narkoba tersebut dan menangkap pelakunya.

Dia menjelaskan, pihaknya harus menggunakan metode undercover atau penyamaran selama tiga hari dengan berpura-pura jadi pembeli kokain tersebut.

Setelah perjanjian pembelian kokain disepakati, pihaknya lalu melakukan pengintaian dari daerah Cengkareng, Jakarta Barat, hingga Kabupaten Bogor.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x