Kompas TV kuliner cerita rasa

Segar Mana Cendol Indonesia dan Cendol Singapura yang Jadi Dessert Terbaik Dunia? Ini Bedanya

Kompas.tv - 18 Februari 2021, 05:00 WIB
segar-mana-cendol-indonesia-dan-cendol-singapura-yang-jadi-dessert-terbaik-dunia-ini-bedanya
Cendol Singapura Masuk Daftar Dessert Terbaik Dunia. (Sumber: Shutterstock/Ketut Mahendri)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Cendol singapura masuk dalam daftar dessert terbaik di dunia versi CNN, tepatnya berada di urutan ke-9. Dalam penjelasan yang dikutip Jumat (16/10/2020), cendol Singapura dinilai istimewa karena menambahkan sesendok kacang merah manis ke dalam segelas cendol.

Di Indonesia sendiri, cendol merupakan salah satu isian minuman manis yang dicampur dengan santan dan gula merah cair. Nikmat diminum di siang hari untuk meredakan dahaga. Lantas, apa perbedaan antara cendol Indonesia dengan cendol Singapura?

Sejarawan Kuliner, Fadly Rahman menjelaskan bahwa cendol merupakan minuman khas di kawasan Asia Tenggara yang tidak dikaitkan dengan budaya sebuah negara.

Baca Juga: Nostalgia Anak 90an, 5 Permen Khas Indonesia Ini Sudah Jarang Ditemui

Dalam penuturannya, Fadly menjelaskan bahwa perbedaan antara cendol Indonesia, cendol Singapura, bahkan Malaysia terdapat pada topping. Di tiga negara tersebut, cendol dibuat dari bahan yang sama yaitu tepung beras atau hunkwe, santan, dan gula merah.

Fadly Rahman juga mengatakan bahan yang digunakan (untuk membuat cendol) sama, dari segi tepung, santan, dan pemanis gula merah.

Menurutnya, hanya topping dalam penyajian cendol saja yang membedakan kekhasan cendol dari ketiga negara tersebut. Di Indonesia, salah satunya di daerah Sumatera Barat, cendol disajikan dengan potongan singkong.

Baca Juga: Jangan Masukkan 10 Makanan ini Ke Microwave! Mengapa? Ini Jawabannya

Sementara di Singapura, cendol disajikan dengan tambaga kacang merah. Kalau di Malaysia, cendol sering kali disajikan dengan potongan buah nangka yang manis.

Menurutnya, sah-sah saja kalau CNN Travel Internasional memasukkan cendol di Singapura dalam daftar dessert terbaik di dunia, mengingat bahan dasar yang digunakan sama karena sangat mudah ditemui di kawasan Asia Tenggara.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x