Kompas TV video tahu gak sih lo?

Bagaimana Cara Kerja Vaksin Covid-19 Sinovac?

Kompas.tv - 18 Februari 2021, 10:00 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Vaksin Covid-19 Sinovac telah digunakan di Indonesia. Mulai dari Presiden Joko Widodo, Panglima TNI dan Kapolri hingga influencer.

Lalu, bagaimana cara kerja vaksin Sinovac untuk menangkal virus Corona di dalam tubuh kita?

Berdasarkan New York Times (13/1/2021) Sinovac menggunakan metode inactivated untuk mematikan virus Covid-19. Sehingga vaksin ini tak mengandung virus hidup atau yang dilemahkan.

Para peneliti mulai mengambil sampel virus ini dari pasien Covid-19 di China untuk membuat vaksin Sinovac. Vaksin ini bekerja untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh sehingga antibodi dapat melawan virus Covid-19.

Setelah melalui proses inaktivasi, virus Corona dalam vaksin Sinovac akan mati dan tidak bereplikasi.

Peneliti menarik virus yang mati ini dengan sejumlah senyawa berbasis alumunium yang disebut Adjuvan. Adjuvan akan merangsang sistem kekebalan tubuh untuk meningkatkan respons terhadap vaksin.

Begitu masuk ke dalam tubuh, beberapa virus yang tidak aktif ditelan oleh sistem kekebalan yang disebut sel pembawa antigen. Sel yang membawa antigen ini merobek virus Corona dan memunculkan beberapa fragmen.

Lalu Sel T dalam tubuh kita membantu mendeteksi fragmen tersebut. Apabila cocok dengan salah satu protein pada sel, Sel T menjadi aktif dan menjadikan sel kekebalan lain untuk merespons vaksin.

Sel B sebagai sel kekebalan lain mempunyai protein yang dapat menempel pada virus Corona. Sel T membantu mencocokan fragmen dengan sel B. Jika cocok, Sel B akan berkembang biak dan menghasilkan antibodi untuk kekebalan tubuh.

Setelah divaksinasi, sistem kekebalan tubuh ini dapat merespons infeksi virus corona yang hidup dalam tubuh kita.

Video Grafis: Agus Ilyas
Video Editor: Novaltri Sarelpa



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x