Kompas TV nasional peristiwa

2 Calon Walkot Jaksel Ditolak, Wagub Ariza Ajak DPRD DKI Duduk Bareng

Kompas.tv - 17 Februari 2021, 00:16 WIB
2-calon-walkot-jaksel-ditolak-wagub-ariza-ajak-dprd-dki-duduk-bareng
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (Sumber: KOMPAS.com/NURSITA SARI)
Penulis : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menanggapi sikap DPRD DKI yang mencoret dua nama calon Wali Kota Jakarta Selatan (Walkot Jaksel).

Ariza meminta agar pimpinan dewan mendiskusikan hal itu dengan Pemprov DKI Jakarta terlebih dahulu.

“Kami di Pemprov kan dalam mengisi jabatan kosong ada syarat dan ketentuan. Tentu apa yang diputuskan Pak Gubernur melalui sebuah proses yang panjang, jadi tidak ujug-ujug (mendadak) orang jadi Wakil, jadi Wali Kota, jadi Kadis. Tidak begitu,” ujar Ariza di Balai Kota DKI pada Selasa (16/2/2021) malam, sebagaimana dikutip dari Tribunnews.com.

Baca Juga: DPRD DKI Tolak 2 Nama Calon Walkot Jaksel Usulan Anies: Rekam Jejaknya Arogan!

Ariza mengatakan, semua nama yang dicalonkan sebagai Wali Kota maupun Bupati telah melalui pertimbangan yang matang dan aturan yang berlaku.

Pemprov DKI Jakarta melihat kepangkatan aparatur sipil negara (ASN) untuk menempati jabatan tertentu di pemerintahan.

“Semuanya harus terpenuhi, termasuk administrasi kepangkatan. Tentu integritas dan kompotensi juga harus dipenuhi,” kata Ariza.

Ariza lalu menyarankan, bagi dewan yang tidak setuju dengan dua nama yang dicalonkan Anies, hendaknya duduk bersama dengan Pemprov DKI Jakarta untuk mendiskuskan hal itu.

Ariza berjanji, pihaknya akan menjalin kerja sama yang baik dengan DPRD DKI Jakarta.

“Kalau ada teman-teman yang belum setuju, nanti kami diskusikan. Apa yang menjadi penyebab, prinsipnya kami ini semua kan bekerja sama yang baik antara eksekutif dengan legislatif dalam rangka membangun Jakarta yang baik juga,” paparnya.

“Silakan sampaikan kalau ada yang kurang puas untuk diskusikan, tapi perlu kami sampaikan bahwa pak Gubernur dalam menyusun dan memutuskan selalu mempertimbangkan banyak hal,” tambah Ariza.

Baca Juga: Anies: Kalau di Wilayah Publik Kupingnya Nggak Boleh Tipis, Harus Siap Dikritik

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi. (Sumber: Istimewa)

Seperti diketahui, DPRD DKI Jakarta menolak dua nama calon Wali Kota Jakarta Selatan (Walkot Jaksel) yang diajukan oleh Gubernur Anies Baswedan, yakni Yani Wahyu Purwoko dan Iswana Adji.

Yani Wahyu Purwoko sendiri saat ini menjabat sebagai Wakil Walkot Jakarta Barat, sedangkan Isnawa Adji merupakan Plt Walkot Jaksel. Namun, kedua nama tersebut ditolak DPRD DKI Jakarta

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengatakan, pihaknya mencoret kedua nama itu karena tidak mencerminkan sikap pemimpin wilayah yang memiliki jiwa pamong.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x