Kompas TV regional berita daerah

Heboh, Warga Temukan Fosil Purba Di Lahan Proyek

Kompas.tv - 15 Februari 2021, 18:51 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

SUKABUMI, KOMPAS.TV - Warga Kampung Ciguha, Desa dan Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, dihebohkan dengan penemuan  tulang belulang berukuran besar, yang diduga adalah Fosil tulang Hewan Purba Kala,di sebuah lahan proyek, tempat pembuatan Waterboom. Awalnya tulang tersebut ditemukan oleh Operator Beko, ia menemukan sebuah benda mirip batu berwana putih, yang saat ini sudah ada 9 potong batu Fosil yang ditemukan.

Tim Peneliti dari Museum Geologi Bandung langsung mendatangi lokasi. Dari hasil pemeriksaannya tulang yang memiliki rata rata ukuran panjang 20 centi meter tiap potongnya tersebut, diduga  potongan tulang rahang dari hewan paus purbakala, yang sudah terkubur jutaan tahun lalu, saat ini sebagian tulang ada yang sudah menjadi batu. Peneliti juga langsung membawa potongan fosil tersebut untuk diteliti lebih lanjut.

Berdasarkan catatan ilmiah tim Peneliti Geologi Bandung, bahwa di Wilayah Pajampangan khususnya di Wilayah Ciracap, Kabupaten Sukabumi sendiri, sudah tiga kali ditemukan tulang Paus Purbakala yang serupa. Awalnya dari tahun 2005 yang catatan ilmiahnya sudah dibukukan,  lalu 2007 kembali ditemukan dan diteliti oleh Pimpinan Museum Gelogi, dan saat ini tahun 2021 kembali ditemukan. Tim Peneliti meyakini bahwa wilayah pajampangan dulunya adalah habitat dari Paus Purbakala. Saat ini tim penelitipun sedang mendalami beberapa penemuan gigi ikan hiu besar Megalodon di beberapa tempat di Wilayah Pajampangan .

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x