Kompas TV entertainment lifestyle

Hari Valentine, Ini Manfaat Mengungkapkan Kasih Sayang kepada Orang Lain

Kompas.tv - 14 Februari 2021, 17:20 WIB
Penulis : Fiqih Rahmawati

JAKARTA, KOMPAS.TV – Tanggal 14 Februari diperingati sebagai Hari Kasih Sayang, dimana orang yang merayakannya biasanya akan mengungkapkan kasih sayangnya kepada orang yang disayangi.

Ungkapan rasa sayang bisa dilakukan dalam berbagai cara, mulai dari pernyataan cinta secara verbal hingga memberikan hadiah seperti bunga atau cokelat.

Dilansir dari sebuah artikel di Harvard University, rasa yang atau cinta merupakan jenis emosi yang abstrak dan misterius bagi manusia.

Namun, secara ilmiah, rasa cinta dapat dihubungkan dengan adanya senyawa kimia dalam otak yang disebut sebagai dopamin, senyawa yang diproduksi oleh hipotalamus.

Dopamin merupakan senyawa kimia yang dilepaskan saat seseorang merasakan hal-hal yang menyenangkan dan membuatnya bahagia.

Baca Juga: Diberi Kado Valentine dari Wijin, Gisel: Terima Kasih Selalu Ada di Sisiku

Veronica Adelsa, seorang psikolog klinis dari Ohana Space mengatakan bahwa mengungkapkan rasa kasih sayang kepada orang lain mampu membuat hubungan tersebut menjadi lebih hangat.

“Rasa sayang perlu ditunjukkan, karena rasa sayang adalah hal yang baik. Sesuatu hal yang bisa membuat hubungan kita dengan orang lain menjadi lebih erat, lebih hangat," ujar Vero, dikutip dari Kompas.com, Minggu (14/2/2021).

Menurutnya, orang lain tidak akan merasakan perasaan kasih sayang kita jika kita tidak mengungkapkannya kepada mereka.

"Bagaimana kita bisa menyampaikan perasaan tersebut, kalau kita tidak pernah mengekspresikan perasaan itu," lanjutnya.

Tak hanya di Hari Valentine saja, Vero mengatakan bahwa untuk mengungkapkan perasaan sayang dapat dilakukan kapan pun dan dimana pun.

Baca Juga: Sejarah Hari Valentine, Hari Kasih Sayang yang Diperingati Tiap 14 Februari

Menurutnya, Hari Valentine bisa dianggap sebagai pengingat bahwa seseorang memerlukan kasih sayang dan bisa dirayakan diluar hari tersebut. Ia mengatakan bahwa perayaan Hari Valentine seperti Hari Pahlawan, dimana kita mengingat jasa pahlawan tak hanya pada hari itu.

“Tapi ada Hari Pahlawan, karena untuk kita mengingat, me-remind diri kita 'Jangan lupa, pahlawan itu berjasa besar'. Sama dengan Valentine 'Jangan lupa, kasih sayang itu penting’,” papar Vero.

Mengungkapkan perasaan bagi sebagian orang merupakan hal yang tak mudah. Vero mengatakan bahwa rasa sayang bisa disampaikan melalui cara-cara non-verbal, seperti memberikan hadiah atau meluangkan waktu bersama orng-orang tersayang.

Meski demikian, Vero menegaskan bahwa rasa sayang lebih baik diutarakan secara verbal.

"Namun ada baiknya juga diutarakan secara verbal. Kalau tidak bisa secara verbal kata-kata lisan, coba dimulai dari sebuah tulisan. Kayak buat notes aja, 'Saya sayang kamu mama' atau 'I love you, Ma'. Itu kan lebih ringan daripada kalau harus ngomong langsung," kata Vero.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x