Kompas TV internasional kompas dunia

Mesir Temukan Pabrik Bir Tertua Dari Masa Dinasti Pertama, 3.150 - 2.613 SM, Tertarik Mencoba?

Minggu, 14 Februari 2021 | 05:30 WIB
mesir-temukan-pabrik-bir-tertua-dari-masa-dinasti-pertama-3-150-2-613-sm-tertarik-mencoba
Pabrik itu ditemukan di Abydos, sebuah kompleks kuburan kuno di gurun sebelah barat Sungai Nil, lebih dari 450 kilometer sebelah Selatan kota Kairo. Para arkeolog menemukan delapan unit besar - masing-masing berukuran panjang 20 meter dan lebar 2,5 meter tempat memasak bir. Temuan mereka termasuk sekitar 40 baskom tembikar yang digunakan untuk memanaskan campuran biji-bijian dan air untuk menghasilkan bir (Sumber: Kementerian Barang Antik Mesir)

KAIRO, KOMPAS.TV - Arkeolog Amerika dan Mesir menemukan apa yang bisa jadi merupakan pabrik bir tertua di dunia, yang  ditemukan di salah satu situs arkeologi paling terkemuka di Mesir kuno, kata seorang pejabat tinggi barang antik, Rabu, (10/02/2021) seperti dikutip Associated Press, Minggu (14/02/2021). 

Mostafa Waziri, Sekjen Dewan Purbakala Tertinggi mengatakan pabrik itu ditemukan di Abydos, sebuah kuburan kuno yang terletak di gurun sebelah barat Sungai Nil, lebih dari 450 kilometer sebelah Selatan kota Kairo.

Waziri mengatakan pabrik tersebut tampaknya berasal dari wilayah Raja Narmer, yang dikenal luas karena penyatuan Mesir kuno pada awal Periode Dinasti Pertama (3150 SM - 2613 SM).

Para arkeolog menemukan delapan unit besar - masing-masing berukuran panjang 20 meter dan lebar 2,5 meter tempat memasak bir.

Temuan mereka termasuk sekitar 40 baskom tembikar yang digunakan untuk memanaskan campuran biji-bijian dan air untuk menghasilkan bir, kata Waziri.

Baca Juga: Mesir Umumkan Penemuan Besar Situs Arkeologi Saqqara, Apa Isinya?

Misi bersama ini diketuai bersama oleh Dr. Matthew Adams dari Institut Seni Rupa, Universitas New York, dan Deborah Vischak, asisten profesor sejarah seni dan arkeologi Mesir kuno di Universitas Princeton.

Adams mengatakan pabrik tersebut tampaknya dibangun di daerah ini untuk menyediakan bir bagi ritual kerajaan, mengingat para arkeolog menemukan bukti yang menunjukkan penggunaan bir dalam upacara pengorbanan orang Mesir kuno.

Arkeolog Inggris adalah orang pertama yang menyebutkan keberadaan pabrik itu pada awal 1900-an, tetapi mereka tidak dapat menentukan lokasinya, kata kementerian barang antik.

Baca Juga: Segel Mesir Kuno Berusia Ribuan Tahun Ditemukan di Tokat, Turki

Penulis : Edwin Shri Bimo

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:28
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19