Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Airlangga: Proyek Mewah Hary Tanoe-Trump Hasilnya Harus Jelas, Turis Kualitas Internasional

Kompas.tv - 13 Februari 2021, 19:59 WIB
airlangga-proyek-mewah-hary-tanoe-trump-hasilnya-harus-jelas-turis-kualitas-internasional
CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo dan Komisaris PT MNC Land Tbk Liliana Tanoesoedibjo berfoto bersama Donald J Trump di New York, Amerika Serikat. (Sumber: DOK MNC GROUP/Tribunnews.com)
Penulis : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Lido di Bogor, Jawa Barat, hasilnya harus jelas.

"Hasilnya harus jelas, turis ke Jawa Barat juga harus yang berkualitas internasional. Ini harus menjadi yang premium juga, dan devisanya pun juga premium," ujar Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (11/02/2021).

Proyek bernama MNC Lido City ini dirintis pengusaha Hary Tanoesoedibjo bersama Donald Trump melalui PT MNC Land Tbk. Penetapan KEK Lido dilakukan dalam Sidang Dewan Nasional KEK yang diselenggarakan pada 10 Februari 2021.

Baca Juga: Proyek Hary Tanoe-Donald Trump di Lido jadi Kawasan Ekonomi Khusus

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto. (Sumber: KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO)

Peluang Usaha Baru

Pemerintah berharap pemberian status KEK kepada MNC Lido City, akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan domestik maupun internasional, pengembangan UMKM, serta ekonomi kreatif.

Dengan begitu bisa membuka kesempatan usaha yang baru dan mengerap tenaga kerja dari daerah.

"KEK juga diharapkan akan meningkatkan pendapatan Pemerintah Daerah dan mempercepat Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) daerah serta mendorong investasi," ujar Airlangga yang juga Ketua Dewan Nasional KEK ini.

Dongkrak Pariwisata

Dalam KEK tersebut bakal ada pengembangan atraksi seperti theme park kelas dunia, lapangan golf, serta retail and dining.

Selain itu, ada pula pengembangan akomodasi, di antaranya six stars luxury resort, hotel berbintang lainnya, serta pengembangan TOD.

Selanjutnya, direncanakan pula terdapat pengembangan ekonomi kreatif meliputi studio film dan festival musik.

Dengan begitu, diharapkan kawasan ini benar-benar mendongkrak sektor pariwisata Tanah Air.

“KEK Lido diharapkan betul-betul bisa mendorong pariwisata di Indonesia,” kata Airlangga.

Baca Juga: Kasus Lama Diungkit, Perusahaan Hary Tanoesoedibjo Global Mediacom Digugat Pailit KT Corporation

Proyek MNC Lido City. (Sumber: Mncland.com)

Proyek Patungan Hary Tanoe - Donald Trump

Diketahui, Proyek MNC Lido City akhirnya ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) oleh Dewan Nasional KEK.

Di dalam MNC Lido City nantinya dibangun taman bermain seperti Disneyland dan resor mewah, yang menjadi proyek patungan taipan Hary Tanoesoedibjo dengan Donald Trump.

Pengerjaan MNC Lido City dilakukan oleh PT MNC Land Tbk, yang menaungi PT MNC Lido Hotel, PT MNC Lido Resort, dan PT MNC Wahana Wisata.

MNC Lido City dikembangkan di atas lahan seluas 3.000 hektar. Lokasi MNC Lido City berjarak sekitar 60 kilometer dari Jakarta yang dapat ditempuh melalui Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) dalam waktu 1 jam.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x