Kompas TV nasional gaya hidup

Tradisi Unik Hari Valentine di Berbagai Negara, Kamu Tertarik Mencoba?

Kompas.tv - 13 Februari 2021, 14:39 WIB
tradisi-unik-hari-valentine-di-berbagai-negara-kamu-tertarik-mencoba
Ilustrasi surat untuk kado Hari Valentine. (Sumber: Pixabay/Pezibear)
Penulis : Rizky L Pratama

SOLO, KOMPAS.TV - Momen Valentine biasanya dijadikan bagi sebagian orang untuk mengungkapkan kasih sayang. Ternyata, peringatan Valentine di berbagai negara berikut punya tradisi masing-masing dan unik loh.

Peringatan Hari Kasih Sayang atau Valentine setiap tahunnya dilakukan tanggal 14 Februari. Tak hanya berbagi coklat kepada pasangan, banyak negara yang mempunyai tradisi Valentine tersendiri.

Berikut beberapa tradisi Valentine di sejumlah Negara dikutip dari Huffpost, 8 Februari 2016:

Baca Juga: Rayakan Valentine di Rumah? Jangan Khawatir, Coba Tips Ini Pasti Kencan Kamu Tetap Romantis!

Italia

Italia ternyata memiliki tradisi Hari Valentine yang unik. Para gadis muda yang belum menikah bangun sebelum fajar untuk melihat calon suami mereka.

Keyakinannya adalah pria pertama yang dilihat seorang wanita pada Hari Valentine itu menjadi pria yang akan dinikahinya dalam setahun.

Jika tidak, minimal pria tersebut sangat mirip dengan seseorang yang akan dinikahinya.

Selain tradisi itu, orang Italia juga merayakan Valentine dengan pertukaran kado dengan kekasihnya dan makan malam romantis.

Salah satu hadiah Hari Valentine paling populer di Italia adalah Baci Perugina, yaitu hazelnut kecil berlapis cokelat yang dibungkus dengan kutipan romantis yang dicetak dalam empat bahasa.

Baca Juga: Valentine di Rumah Saja, Ini 10 Rekomendasi Film Romantis yang Cocok Menemani Valentine

Denmark

Di Denmark, Hari Valentine adalah hari libur. Meski baru dijadikan hari libur saat tahun 1990-an, negara di Skandinavia itu telah merayakan 14 Februari dengan tradisi khas mereka.

Alih-alih bunga, bertukar "kartu kekasih" menjadi tradisi Hari Valentine yang populer di Denmark. Kartu itu berbentuk transparan yang menunjukkan gambar pemberi kartu sedang memberikan hadiah kepada kekasihnya.

Pria juga biasanya memberi wanita gaekkebrev, sebuah surat berisi dari puisi atau sajak lucu yang ditulis di atas kertas yang dipotong rumit dan ditandatangani dengan titik-titik anonim. Jika wanita penerima gaekkebrev dapat menebak pengirimnya dengan benar, ia mendapatkan sendiri telur Paskah di akhir tahun itu.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x