Kompas TV nasional sapa indonesia

Dengan Metode Keyhole, Luka Operasi Hanya 2 Sentimeter

Kompas.tv - 21 Oktober 2017, 13:00 WIB
Penulis :

Sapa Indonesia Akhir Pekan, Sabtu (21/10) membahas operasi tumor otak. dr. Gigih Pramono, spesialis bedah saraf mengungakpkan, sejauh ini penyebab tumor belum dapat dipastikan. Namun, faktor keturunan, radiasi dan virus adalah tiga hal yang berkontribusi menyebabkan tumor.

Amelia Genial adalah pasien tumor otak. Selama hampir lima tahun, Amelia mengeluhkan seringnya mengalami pusing dan gangguan penglihatan. Setelah sekian lama aktivitasnya terganggu, Amelia akhirnya memeriksakan diri dengan MRI. Ternyata, Amelia memiliki tumor di kepala dengan diameter empat sentimeter.

Amelia lantas melakukan operasi dengan metode keyhole. dr. Agus C. Anab, spesialis bedah saraf menjelaskan teknik operasi ini. Keyhole memadukan endoskopi dan peralatan mikroskopik. Dengan metode ini, sayatan operasi bisa sekecil dua sentimeter. Lewat latihan yang intensif, dokter bedah mampu melakukan pembedahan yang presisi sehingga tumor benar - benar terangkat tuntas.

Karena luka sayatan kecil, pasien bisa menjalani penyembuhan lebih cepat. dr. Agus mengungkapkan, dari segi biayapun, metode keyhole lebih efisien dibandingkan operasi konvensional.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x