Kompas TV kolom budiman tanuredjo

Kasus Suap Jaksa Pinangki, Siapa di Balik Sosok "King Maker"? - Opini Budiman

Sabtu, 13 Februari 2021 | 09:01 WIB

Misteri ‘King Maker' Jaksa Pinangki

Majelis hakim pengadilan Tindak Pidana Korupsi memvonis hukuman 10 tahun penjara untuk Jaksa Pinangki Sirna Malasari.

Vonis melebihi tuntutan jaksa itu, menyisakan teka-teki, menyisakan misteri mengenai sosok ‘King Maker' dalam perkara terpidana korupsi Joko Tjandra.

Adanya ‘King Maker” terungkap di persidangan. Berdasarkan percakapan chat antara jaksa Pinangki dengan advokat Anita Kolopaking, soal adanya 'King Maker'. Saksi Rahmad membenarkan adanya 'King Maker'.

Tapi siapa 'King Maker' itu? Ketiga orang itu menutup rapat siapa sebenarnya ‘King Maker'.

Aktivis antikorupsi Boyamin Saiman dikutip Harian Kompas menyebutkan, 'King Maker' adalah sosok dengan jabatan tinggi dan instruksinya dipatuhi Pinangki.

Pengadilan belum bisa mengungkap siapa sutradara atau 'King Maker' di balik kasus Joko Tjandra. Namun, pengadilan meyakini ada aktor lain yang disebut sebagai ‘King Maker'.

Pengadilan juga meyakini bahwa jaksa Pinangki sudah terbiasa mengurus perkara. Bahkan, nama Pinangki disebut-sebut ikut terlibat di balik pemberian grasi terpidana korupsi Annas Maamun.

Penggunaan bahasa sandi dalam kasus korupsi adalah lazim. Itu biasa digunakan, itu adalah bagian pemufakatan untuk menutupi kejahatan.

Pernah terdengar istilah apel washington, apel malang, dalam kasus korupsi. Hanya kejelian dan keseriusan yang bisa mengungkap sandi-sandi para pemain perkara.

KPK punya pengalaman untuk mengungkap sandi-sandi itu.

Lalu apakah 'King Maker' akan terungkap?

Apakah KPK berani masuk? Sejarah akan mencatatnya... 

Penulis : Aryo bimo




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:16
POLRI IZINKAN LAGA UJI COBA TIMNAS INDONESIA U-22 DAN U-23 DIGELAR PEKAN INI   ISTANA BUCKINGHAM: PERAWATAN JANTUNG SUAMI DARI RATU ELIZABETH II, PANGERAN PHILIP, BERHASIL   PERDANA MENTERI TIONGKOK LI KEQIANG TARGETKAN PERTUMBUHAN EKONOMI TAHUN INI AKAN LAMPAUI 6%   VAKSINASI COVID-19 BAGI ASN, TNI, POLRI, DAN TOKOH MASYARAKAT DI JAKARTA UTARA AKAN DIMULAI 8 MARET 2021   YOUTUBER, SELEBGRAM, DAN TIKTOKER BAKAL DIAWASI LEBIH KETAT OLEH KANTOR PAJAK PADA TAHUN INI   POLRI TAK KELUARKAN IZIN KONGRES LUAR BIASA (KLB) YANG MENGATASNAMAKAN PARTAI DEMOKRAT DI SIBOLANGIT, SUMUT   SEBANYAK 400 HUNIAN MASYARAKAT TERDAMPAK PEMBANGUNAN REL LAYANG SIMPANG PALANG JOGLO SOLO   PELETAKAN BATU PERTAMA PEMBANGUNAN REL LAYANG SIMPANG PALANG JOGLO SOLO DIMULAI PADA JULI 2021   PEMERINTAH PERLUAS PENERAPAN PPKM MIKRO DI SUMATERA UTARA, KALIMANTAN TIMUR, DAN SULAWESI UTARA   PEMERINTAH PERPANJANG PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT (PPKM) MIKRO HINGGA 22 MARET 2021   MENTERI PPPA BINTANG PUSPAYOGA BERHARAP PEREMPUAN MUDA TAK TERJEBAK BUDAYA YANG MENGHALAU UNTUK BERKEMBANG   KEJAGUNG AJUKAN PEMBLOKIRAN ASET TANAH MILIK TERSANGKA KORUPSI PT ASABRI, BENNY TJOKROSAPUTRO, DI 3 KABUPATEN   DJOKO TJANDRA DITUNTUT 4 TAHUN PENJARA DALAM KASUS PENGHAPUSAN "RED NOTICE" DAN PENGURUSAN FATWA DI MA   ICW MENILAI TUNTUTAN JPU TERHADAP DJOKO TJANDRA BELUM MAKSIMAL