Kompas TV TALKSHOW satu meja

Pemilu Serentak 2019 Memicu Revisi Undang-undang Pemilu - SATU MEJA THE FORUM (Bag 2)

Kompas.tv - 12 Februari 2021, 11:06 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Rencana revisi Undang-undang Pemilu menuai kontroversi. Presiden Jokowi menolak usulan Pilkada Serentak digelar pada 2022 atau 2023. Pilkada Serentak harus tetap digelar pada 2024. Partai politik anggota koalisi juga rame-rame ikut mendukung sikap Jokowi, termasuk Partai Golkar dan Nasdem yang sebelumnya mendukung revisi. Bahkan, PAN yang bukan anggota koalisi juga ikut menyokong sikap Jokowi.

Kuat dugaan, ada agenda politik di balik penolakan revisi UU Pemilu, khususnya terkait normalisasi Pilkada Serentak. Pilkada Serentak ‘dipaksakan’ tetap digelar pada 2024 karena tak ingin memberi angin dan membuka ruang munculnya tokoh-tokoh politik yang berpeluang dan berpotensi menjadi pesaing dalam Pilpres 2024. Untuk itu, beragam cara digunakan mulai dari lobi, tawaran posisi hingga mengumpulkan relawan.

Mengapa Jokowi dan sejumlah parpol menolak revisi UU Pemilu? Apa benar hal itu dilakukan guna menjegal tokoh-tokoh politik yang berpotensi maju dalam Pilpres 2024? Saksikan talkshow Satu Meja The Forum “Pertaruhan Politik Pilkada Serentak 2024” Rabu, 10 Februari 2021 pukul 20.00 WIB LIVE di Kompas TV bersama jurnalis senior Harian Kompas, Budiman Tanuredjo.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.