Kompas TV bisnis kompas bisnis

Upaya Garuda Indonesia Tekan Rugi, Erick: Stop Kerjasama Berbau Suap!

Kompas.tv - 11 Februari 2021, 10:20 WIB
Penulis : Merlion Gusti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir memerintahkan, maskapai penerbangan Garuda Indonesia, memutus kontrak kerjasama dengan Nordic Aviation Capital, penyedia leasing pesawat bombardier.

Penghentian kerjasama yang seharusnya berakhir tahun 2027 ini, menyusul "Endusan" aroma suap pada pengadaan pesawat.

Upaya pertama yang dilakukan adalah dengan mengembalikan 12 pesawat jenis Bombardier CRJ 1000.

Erick juga meminta Garuda melakukan negosiasi early payment settlement contract financial lease, atau pembayaran lebih cepat, pada enam pesawat jenis yang sama, dari Export Development Canada, yang seharusnya jatuh tempo pada tahun 2024.

Atas perintah Menteri BUMN, Garuda Indonesia akan menerima konsekuensi pemutusan kontrak pesawat secara sepihak. Tetapi upaya ini sekaligus langkah besar efisiensi Garuda.

Akibat mengoperasikan Pesawat Bombardier, Garuda Indonesia harus menanggung kerugian lebih dari 30 juta dollar Amerika Serikat per tahun, atau sekitar 450 miliar rupiah.

Pada kuartal tiga 2020, pendapatan Garuda hanya 221,49 juta dollar Amerika Serikat, dengan kerugian lebih besar yaitu 363 juta dollar Amerika Serikat. 

Margin keuntungan bahkan sampai minus, 163,47 persen. Untuk sebuah korporasi, kinerja keuangan ini sangat tidak sehat. 

Kita tengok pergerakan saham Garuda Indonesia satu tahun terakhir. Anda lihat grafis di layar, gerak sahamnya cukup fluktuatif, meski dengan range yang tidak lebar, dan diperdagangkan pada level 300-an per unit saham.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, mengatakan, pemutusan kontrak dengan leasing pesawat bombardier, diprediksi mampu menghemat anggaran perusahaan, sampai 222 juta dollar Amerika Serikat.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.