Kompas TV otomotif news

Isuzu Panther "Sang Raja Diesel" Resmi Pensiun Tahun Ini

Kompas.tv - 10 Februari 2021, 17:20 WIB
isuzu-panther-sang-raja-diesel-resmi-pensiun-tahun-ini
Mobil Isuzu Panther 97 (Sumber: Rendywardana, CC BY-SA 3.0 , via Wikimedia Commons)
Penulis : Danang Suryo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mobil yang terkenal dengan predikat Sang Raja Diesel, Isuzu Panther, resmi dihentikan produksinya di dalam negeri pada tahun ini.

Kabar itu disampaikan langsung oleh Attias Asril, Kepala Divisi Marketing PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) dalam konferensi virtual, Rabu (10/02/2021).

IAMI menjelaskan implementasi kebijakan emisi gas buang baru menjadi Euro IV dan melemahnya popularitas Panther yang ditunjukkan dengan jumlah penjualan sejak beberapa tahun kebelakang menjadi sebabnya.

Baca Juga: Uji Emisi Kendaraan di Kemayoran Dibubarkan

Melansir Kompas.com, data dari Gaikindo menyebut angka distribusi dari pabrik ke diler atas produk terkait pada 2018 hanya sebesar 950 unit. Satu tahun setelahnya 763 unit. Sementara untuk tahun lalu hanya menyentuh angka 320 unit.

"Bisnis Isuzu di Indonesia hari ini kita akan fokuskan pada commercial vehicle. Tetapi dari sisi pengguna Panther, tidak perlu khawatir (perihal servis). Terimakasih Panther," kata Attias Asril.

Baca Juga: Koala Menyeberang Sebabkan 6 Mobil Tabrakan Beruntun di Jalan Tol

Pihak Isuzu Indonesia mengaku akan terus melanjutkan tekad dari "Sang Raja Diesel" yang telah ditebarkan sejak debut pertamanya pada 1991.

Salah satunya ialah dengan meluncurkan dua model baru yang disinyalir sebagai Isuzu mu-X dan Isuzu D-Max. Namun IAMI belum mengkonfirmasi kepastiannya.

"Pastinya akan ada produk baru, sebagaimana sudah tersebar juga bocoran-bocorannya di jagad maya," lanjut dia.

Baca Juga: Toyota Pastikan Realisasi Investasi Rp 28 Triliun untuk Produksi Mobil di Indonesia

Isuzu Panther telah menemani warga Indonesia sejak 1991 serta mampu menjadi rival berat bagi Toyota Kijang.

Selama perjalannya, sudah ada 433.117 unit Panther yang didistribusikan ke konsumen Indonesia, baik untuk varian minibus atau salon serta pikap.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.