Kompas TV regional berita daerah

Siswa Madrasah Ciptakan Robot Penyelam

Kompas.tv - 10 Februari 2021, 17:15 WIB
Penulis : KompasTV Kediri

BLITAR, KOMPAS.TV - Berawal dari hobi, 2 orang siswa mts di kota Blitar mampu menciptakan robot selam. Robot yang dilengkapi dengan kemampuan memindahkan barang dengan cepat ini, menjuarai lomba nasional tingkat madrasah tsanawiyah.

Banyaknya waktu luang selama pembelajaran secara daring, dimanfaatkan Khalid Daffa dan Revan Ardianta, untuk berkreasi menciptakan robot. Dengan penuh semangat ke 2 siswa MTS Negeri 2 kota Blitar ini merakit robot selam rancangannya.

Banyak bencana alam yang terjadi menginspirasi ke 2 siswa MTS tersebut untuk menciptakan miniatur alat evakuasi korban di alam air. Dari situlah Daffa dan Revan, mulai mencari literatur di media sosial dan mulai melakukan eksperimen.

Para siswa kelas 9 ini, memanfaatkan kotak penyimpanan makanan untuk dijadikan tempat komponen robot selam. sebagai penggerak para siswa ini menggunakan dinamo dan kipas.

Robot buatan para siswa ini, juga dilengkapi dengan mesin pemindah benda. Robot selam ini juga mampu menyelam di dalam air hingga waktu belasan jam. Meski begitu robot buatan 2 siswa ini masih terus disempurnakan, hingga nantinya bisa diterapkan di kehidupan nyata.

Robot selam karya 2 siswa tersebut, juga dinobatkan sebagai juara 1 robotik nasional tingkat madrasah tsanawiyah. Robot selam tersebut mengalahkan ratusan peserta dari seluruh Indonesia.

Selain robot selam, 2 siswa lainnya dari MTSN 2 kota Blitar, juga menciptakan robot sumo. Pihak sekolah berencana akan memberikan penambahan fasilitas robotik, agar para siswa mau dan bersemangat untuk menciptakan karya robot yang lain.

#Blitar #Robot #Selam #Madrasah #Beritakediri

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x