Kompas TV nasional update corona

Aturan Baru: Hasil Tes Covid-19 Penumpang Kereta Api dan Darat Berlaku 1x24 Jam Pada Libur Panjang

Rabu, 10 Februari 2021 | 16:17 WIB
aturan-baru-hasil-tes-covid-19-penumpang-kereta-api-dan-darat-berlaku-1x24-jam-pada-libur-panjang
Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati (Sumber: BNPB)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kementerian Perhubungan memberlakukan aturan baru terkait masa berlaku tes RT-PCR/Rapid test antigen/GeNose. Kini masa berlaku tes Covid-19 tersebut hanya berlaku 1x24 jam, untuk penumpang perjalanan jarak jauh yang menggunakan transportasi darat dan kereta api. Masa berlaku 1x24 jam ini hanya berlaku selama libur panjang atau hari libur keagamaan.

Aturan baru ini mulai diberlakukan sejak 9 Februari 2021 untuk penumpang yang menggunakan transportasi umum dari dan ke pulau Jawa, serta antar provinsi di dalam Pulau Jawa (antar Provinsi/Kabupaten/Kota). Aturan ini lebih ketat daripada aturan lama, dimana sebelumnya hasil tes Covid-19 dapat berlaku selama tiga hari.  

Baca Juga: Hore, Tes Covid-19 Pakai GeNose Bakal Ada di 6 Rumah Sakit Yogyakarta

Selain transportasi yang menggunakan moda darat dan kereta api, masih tetap berlaku aturan lama, yaitu hasil tes masih berlaku selama tiga hari.

“Merujuk pada Surat Edaran Satgas Covid-19, Surat Edaran Kemenhub ini ditujukan untuk turut mencegah meluasnya penularan Covid-19 di seluruh Indonesia dengan melakukan pengetatan syarat perjalanan, khususnya di saat libur panjang dan libur keagamaan. Adapun ketentuan lainnya pada prinsipnya masih sama dengan Surat Edaran sebelumnya”, demikian dijelaskan oleh Adita Irawati, Juru Bicara Kementerian Perhubungan, dalam siaran pers yang diterima Kompas.tv, Rabu (10/2/2021).

Baca Juga: Persiapan Layanan Tes Covid-19 Genose di Stasiun

Selain itu, beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam aturan baru ini adalah pelaku perjalanan yang menggunakan transportasi umum darat dari dan ke Pulau Jawa, serta antar provinsi di dalam Pulau Jawa (antar Provinsi/Kabupaten/Kota) serta perjalanan ke daerah lainnya dilakukan test acak bila diperlukan oleh Satgas Covid-19 di daerah.

Penulis : Tussie Ayu





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:21
PTPN III BERI APRESIASI ATAS TERCAPAINYA KESEPAKATAN RESTRUKTURISASI KEUANGAN YANG DILAKUKAN KEMENTERIAN BUMN   MENTERI BUMN ERICK THOHIR SEBUT RESTRUKTURISASI KEUANGAN PTPN SUDAH RAMPUNG   KEMENTERIAN BUMN YAKINKAN LEBIH DARI 50 KREDITOR UNTUK RESTRUKTURISASI PINJAMAN PTPN III HINGGA RP 41 TRILIUN   MENAKER LUNCURKAN POSKO THR UNTUK MEMANTAU DAN MENGATASI MASALAH PEMBERIAN THR   KEMENDESA PDTT TERUS GIATKAN SOSIALISASI LARANGAN MUDIK LEBARAN DEMI KESEHATAN BERSAMA    PEMPROV DKI JAKARTA BUKA VAKSINASI UNTUK PELAKU EKONOMI KREATIF, DARI PEMUSIK HINGGA PENGUSAHA KULINER   MENAG DORONG APARAT PENEGAK HUKUM TINDAK PELAKU UJARAN KEBENCIAN YANG MENGARAH KE PENISTAAN AGAMA   WALI KOTA DEPOK MOHAMMAD IDRIS: PEMKOT DUKUNG PENGUSUTAN DUGAAN KORUPSI DAMKAR DEPOK   SATPOL PP DIRIKAN 8 POSKO DI PASAR TANAH ABANG UNTUK PANTAU PELANGGARAN PROTOKOL KESEHATAN   WAKIL KETUA DPR AZIS SYAMSUDDIN MINTA PEMERINTAH CARI SOLUSI CEGAH PERKAWINAN ANAK   WAKIL KETUA DPR AZIS SYAMSUDDIN DORONG KEMENTERIAN PPPA, KPAI, BPS PETAKAN DAERAH YANG BANYAK PERKAWINAN ANAK   PEMKOT BANDUNG MENYATAKAN 50 PERSEN TENAGA PENDIDIK TELAH DIVAKSINASI COVID-19   BADAN PENGKAJIAN DAN PENERAPAN TEKNOLOGI KEMBANGKAN BERBAGAI TEKNOLOGI MITIGASI PERUBAHAN IKLIM   MENTERI PPPA DORONG FORUM ANAK DAPAT DIBENTUK HINGGA KE TINGKAT KECAMATAN DAN DESA