Kompas TV nasional viral

Viral! Masker Berlogo Khusus Tuli, PPDI Sambut Baik

Kompas.tv - 10 Februari 2021, 13:50 WIB
viral-masker-berlogo-khusus-tuli-ppdi-sambut-baik
Masker berlogo untuk orang Tuli. (Sumber: Akun Twitter @puspaswarna)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebuah foto masker yang menyerupai masker medis dengan logo khusus tuli beredar di Twitter. Logo tersebut merupakan gambar satu telinga yang dilengkapi alat bantu dengar. Tweet tersebut berisi ajakan untuk menyebarluaskan arti dari logo tersebut.

“Logo ini menandakan pemakainya tuna rungu, atau mempergunakan alat dengar. Karena pandemi Covid-19 prokes mempergunakan masker, maka kaum tuna rungu ini tidak dapat membaca gerak bibir kita, sehingga jangan sampai ada salah komunikasi.”

Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) menyambut baik adanya masker dengan logo khusus tuli tersebut. Hal itu dinilai dapat mempermudah teman tuli dikenali dan dipahami orang lain saat berinteraksi.

"Itu baik dan inovatif untuk digunakan oleh tunarungu atau tuli guna mempermudah mengenali mereka," ujar Ketua Umum PPDI Gufron Sakaril saat dihubungi, Rabu (10/2/2021).

Baca Juga: Pelatihan Meracik Kopi Bagi Penyandang Tunarungu di Solo, Jawa Tengah

Menurut Gufron, inovasi masker berlogo khusus itu dinilai mendorong para tunarungu selalu mematuhi protokol kesehatan.

"Dengan tetap memakai masker logo tunarungu atau tuli juga menyukseskan protokol kesehatan," kata dia.

Gufron menegaskan, meski sudah ada masker khusus tuli, tetapi peredarannya masih terbatas. Ia pun menyarankan kepada mereka untuk dapat mencetak logo sendiri yang kemudian dapat ditempel di masker.

Baca Juga: Jangan Sembarangan, Ini Cara Buang Masker yang Benar

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x