Kompas TV nasional peristiwa

Memakai Baju Bergambar Harimau, Ketua Komisi IV Pertanyakan Kematian Harimau di Sinka Zoo

Kompas.tv - 10 Februari 2021, 06:54 WIB
memakai-baju-bergambar-harimau-ketua-komisi-iv-pertanyakan-kematian-harimau-di-sinka-zoo
Ketua Komisi IV DPR Sudin (sumber;dpr.go.id)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Ketua Komisi IV Sudin mempertanyakan kematian dua harimau  di Sinka Zoo, Singkawang, Kalimantan Barat, kepada Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya saat rapat kerja di Komisi IV, Selasa (9/2/2021). 
    
Politikus PDIP ini mempertanyakan perjanjian pinjam pakai dua harimau  oleh kebun binatang.“Dalam perjanjian pinjam pakai tersebut, apabila terjadi kelalaian maka bukan hanya kena evaluasi, tetapi paling tidak harus kena denda yang setinggi-tingginya. Misalnya kalau seekor harimau mati maka harus ganti rugi Rp 5 miliar," kata Sudin yang tampil menggunakan kemeja bergambar macan.

Baca Juga: BKSD Ceritakan Situasi Tegang saat Cari Harimau Lepas di Sinka Zoo yang Masih Berhutan


Menurutnya, apa yang terjadi di Sinka Zoo merugikan sebab denda yang dikenakan terlalu murah, hanya Rp 100 juta. “Kalau hanya seratus juta, saya akan pinjam pakai saja. Saya pinjam lalu saya bilang mati. Padahal saya jual ke luar negeri. Bayar aja 100 juta," tambahnya.

Tapi, kalau Rp 5 miliar atau setinggi-tingginya, maka para pengelola kebun binatang yang pinjam pakai binatang dari Kementerian Kehutanan akan lebih fokus, lebih waspada, dan akan lebih jeli dalam menjaga kandang. "Kalau sanksinya ringan, tinggal bayar saja seratus juta. Tetapi berapa banyak kita mempunyai binatang langka yang harus dilindungi,” tandasnya.

Baca Juga: Ketua Komisi IV DPR ke Menteri Pertanian: Kalau Tidak Ada Solusi Daging Sapi, Di-bully Lagi


Sementara Menteri Situ Nurbaya mengakui terjadi kelalaian sehingga harimau  jenis Benggala itu kabur dari kandang. “Memang ada kelalaian saat memberi makan, kemudian lepas, harimau Benggala itu. Polisi yang menangani pertama kali. Harimau yang satunya sulit ditangani dengan tembakan bius, hingga akhirnya ditembak mati, "ujarnya. 

Sementara harimau yang kedua ditangani oleh polisi bersama dengan pihak balai dan bisa ditembak bius. Proses yang dilakukan baru sampai di situ. Evaluasi sedang dilakukan dan kita akan kenakan sanksi,” jelas Siti. 

Seperti diberitakan sebelumnya, dua ekor harimau koleksi Kebun Binatang Sinka Zoo, Singkawang, Kalimantan Barat, kabur saat diberi makan, Sabtu (6/2/2021). Satu macan ditembak mati karena mengancam keselamatan petugas. Dan satu harimau bernama Tora berhasil ditembak bius dan selamat.  
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x