Kompas TV nasional peristiwa

BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan di 26 Provinsi. Simak Detail Pentingnya!

Kompas.tv - 9 Februari 2021, 23:55 WIB
bmkg-waspada-cuaca-ekstrem-sepekan-ke-depan-di-26-provinsi-simak-detail-pentingnya
Peringatan Dini Cuaca Ekstrem. BMKG dalam siaran persnya, Selasa (09/02/2021) mengeluarkan peringatan potensi cuaca ekstrim di sebagian besar wilayah Indonesia selama satu minggu ke depan, 10 - 16 Februari 2021. (Sumber foto: Kompas TV/ESB)
Penulis : Edwin Shri Bimo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika BMKG dalam siaran persnya, Selasa (09/02/2021) mengeluarkan peringatan potensi cuaca ekstrim di sebagian besar wilayah Indonesia selama satu minggu ke depan, 10 - 16 Februari 2021.

Dalam proyeksinya BMKG mengumumkan puncak musim hujan akan terjadi pada Januari - Februari 2021 di sebagian Sumatera bagian selatan, sebagian besar Jawa termasuk DKI Jakarta, sebagian Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, sebagian Sulawesi, sebagian Maluku, sebagian Papua Barat dan bagian selatan Papua.

Analisis BMKG untuk periode 10 - 16 Februari 2021 menunjukkan atmosfer sedang dinamis dan tidak stabil, menyebabkan tingginya potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia. 

Sebabnya ada dua hal; ada tekanan udara rendah di wilayah Australia yang berlokasi di sebelah selatan Indonesia sementara di utara Indonesia ada sirkulasi siklonik. Alhasil, angin berubah arah, pola dan kecepatan sehingga angin membawa uap air berkelana ke atas beberapa wilayah Indonesia.

Karena adanya sirkulasi siklonik, maka uap air yang dibawa angin berkumpul serta berputar lebih cepat, dengan jumlah lebih banyak dalam waktu yang relatif lebih pendek, sehingga jadilah mendung tebal yang berpotensi hujan lebat dalam durasi yang mungkin lebih lama di beberapa wilayah Indonesia. 

Pada beberapa hujan lebat juga berpotensi terjadi angin kencang dan petir. 

Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Indonesia dari BMKG memperkirakan hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada periode 10 - 16 Februari 2021 di sebagian wilayah dari 26 provinsi di Indonesia. Perhatikan tanda peta berwarna lebih gelap. (Sumber: BMKG)

Potensi Hujan Lebat dengan Petir dan Angin Kencang

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan curah hujan dengan INTENSITAS LEBAT yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah berikut:

1.Aceh
2.Sumatera Utara
3.Sumatera Barat
4.Jambi
5.Bengkulu
6.Sumatera Selatan
7.Lampung
8.Banten
9.Jawa Barat
10.Jawa Tengah
11.DI Yogyakarta
12.Jawa Timur
13.Bali
14.Nusa Tenggara Barat
15.Nusa Tenggara Timur
16.Kalimantan Tengah
17.Kalimantan Selatan
18.Kalimantan Timur
19.Kalimantan Utara
20.Sulawesi Tengah
21.Sulawesi Selatan
22.Sulawesi Tenggara
23.Maluku Utara
24.Maluku
25.Papua Barat
26.Papua

Potensi Banjir dan Banjir Bandang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.