Kompas TV bisnis kebijakan

DPR Kritisi Anggaran Kemenkes Rp 479 M Buat Pasien Isolasi Mandiri di Rumah

Kompas.tv - 9 Februari 2021, 18:30 WIB
dpr-kritisi-anggaran-kemenkes-rp-479-m-buat-pasien-isolasi-mandiri-di-rumah
Presiden Joko Widodo didampingi Menkes Budi Gunadi Sadikin meninjau pelaksanaan vaksin massal untuk tenaga kesehatan di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (4/2/2021). (Sumber: YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Dina Karina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi IX DPR mempertanyakan anggaran isolasi mandiri (isoman) yang disiapkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tahun ini, sebesar RP 479 miliar.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pun menjelaskan, anggaran tersebut dialokasikan untuk pembelian obat-obatan dan vitamin bagi 273.662 pasien yang isoman di rumah. Sedangkan untuk anggaran isolasi terpusat (rumah sakit dll) sebesar Rp 5 triliun.

Baca Juga: Kemenkes Buat Anggaran Persiapan RS Nuklir Rp 1,12 M, Politikus PAN: Modal Kopi Sama Pisang Goreng

Jumlah pasien isoman di rumah didapat dari penerapan hitungan WHO dengan jumlah kasus positif di Indonesia. WHO menyatakan, dari satu juta kasus positif, 80% hanya butuh dirawat di rumah. Sementara, 20% sisanya butuh dirawat di rumah sakit.

Atas dasar aturan WHO tersebut, Kemenkes kemudian menghitung berapa banyak anggaran yang diperlukan untuk isolasi mandiri.

Baca Juga: Kasus Covid Bisa Tembus 1,7 Juta, Kemenkes Minta Tambah Anggaran Rp 134,46 T

Sesuai dengan protokol Kemenkes, pasien yang dinyatakan positif Covid-19 dengan gejala ringan atau tanpa gejala, akan diminta isoman di rumah.

"Kalau dia positif konfirmasi, kita kasih minimum obat-obatan, vitamin dan anti virus oseltamivir. Tapi kalau dia hanya kontak erat, kita hanya kasih vitamin-vitamin saja," jelas Budi saat rapat kerja dengan Komisi IX DPR, Selasa (09/02/2021).

Baca Juga: Politikus PAN Soroti Anggaran MotoGP dan  Sewa Helikopter di Kemenkes

Dalam raker kemarin (08/09/2021) sejumlah anggota komisi IX mengkritisi anggaran isoman Kemenkes. Anggota dewan Darul Siska misalnya, mempertanyakan bagaimana pengawasan Kemenkes agar anggaran tersebut tidak disalahgunakan. Serta teknis pelaksanaan pemberian bantuan agar benar-benar diterima oleh pasien isoman.

Aggota Komisi IX lainnya, Rahmad Handoyo, mengomentari anggaran bantuan Rp 1,4 juta untuk biaya konsumsi dan gizi bagi masyarakat yang isolasi di rumah. Rahmad mempertanyakan apakah masyarakat di pelosok yang melakukan isoman di rumah, bisa dipastikan mendapat bantuan itu.

Pada 2020, bantuan yang diberikan Kemenkes lewat fasilitas kesehatan terdekat dari pasien isoman di rumah tidak merata. Ada pasien isoman yang mendapatkan bantuan vitamin dan obat-obatan meski tak ada gelaja. Tapi ada juga pasien yang tidak diberikan vitamin dan obat-obatan meski memiliki banyak komorbid atau penyakit penyerta. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.