Kompas TV nasional hukum

Terbukti Bersalah Terima Suap dari Djoko Tjandra, Jaksa Pinangki Divonis 10 Tahun Penjara

Senin, 8 Februari 2021 | 21:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengadilan tipikor menjatuhkan vonis 10 tahun penjara kepada terdakwa Pinangki Sirna Malasari.

Pinangki terbukti bersalah menerima suap 450.000 US Dollar, dari Djoko Tjandra untuk mengurus Fatwa Mahkamah Agung, dan melakukan TPPU, serta permufakatan jahat. 

Baca Juga: Jaksa Pinangki Divonis 10 Tahun Penjara, Terima Suap dari Djoko Tjandra

Selain vonis penjara, Pinangki juga dikenakan denda sebesar 600 juta rupiah bila tidak dibayarkan maka diganti pidana kurungan 6 bulan.

Sebelumnya,  Jaksa menuntut Pinangki dengan pidana 4 tahun penjara dan denda sebesar 500 juta rupiah, subsider 6 bulan kurungan. 

Indonesia Corruption Watch (ICW) menilai putusan yang dijatuhkan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi kepada Pinangki Sirna Malasari belum memberikan efek jera. ICW meyakini putusan yang pantas dijatuhkan kepada Pinangki adalah 20 tahun penjara.

Dalam pandangan ICW, kata Kurnia, kejahatan yang dilakukan oleh Pinangki setidaknya melibatkan tiga klaster sekaligus. Mulai dari penegak hukum, swasta, sampai politisi. 

Penulis : Dea Davina





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:30
PEMBAWA ACARA ELLEN DEGENERES UMUMKAN AKAN MENGAKHIRI PROGRAM "TALK SHOW"-NYA PADA 2022 SETELAH 18 TAHUN MENGUDARA   PETENIS SERBIA NOVAK DJOKOVIC MAJU KE PEREMPAT FINAL ITALIAN OPEN UNTUK KE-15 KALINYA   PUSAT PENGENDALIAN & PENCEGAHAN PENYAKIT AS IDENTIFIKASI 28 KASUS PENGGUMPALAN DARAH DARI VAKSIN JOHNSON & JOHNSON   WHO TIDAK MEREKOMENDASIKAN OBAT ANTIPARASIT IVERMECTIN UNTUK PENGOBATAN COVID-19   2 NEGARA BAGIAN INDIA YAKNI GOA & UTTARAKHAND AKAN GUNAKAN OBAT ANTIPARASIT IVERMECTIN UNTUK PENGOBATAN COVID-19   UTTAR PRADESH, NEGARA BAGIAN TERPADAT DI INDIA, SIAPKAN RP 19,5 T UNTUK VAKSIN COVID-19   TIONGKOK DUKUNG PROPOSAL WTO UNTUK PENGHAPUSAN PERLINDUNGAN KEKAYAAN INTELEKTUAL PADA VAKSIN COVID-19   PRESIDEN AS JOE BIDEN YAKIN KONFLIK ISRAEL-PALESTINA SEGERA BERAKHIR   PM ISRAEL BENJAMIN NETANYAHU SEBUT PIHAKNYA AKAN TERUS MENYERANG MILITER HAMAS YANG BEROPERASI DI JALUR GAZA   RAJA ARAB SAUDI SALMAN BIN ABDULAZIZ AL-SAUD MENGECAM TINDAK KEKERASAN PASUKAN ISRAEL DI MASJID AL-AQSA JERUSALEM   SEBANYAK 544 NARAPIDANA DI SULAWESI BARAT DAPAT REMISI KHUSUS IDUL FITRI   GUBERNUR DIY SRI SULTAN HB X MINTA WARGANYA TAK MEMAKSA BERTAMU SAAT LEBARAN GUNA CEGAH PENULARAN COVID-19   KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN: IKAN KERAPU DARI NATUNA JADI IDOLA EKSPOR PERIKANAN NASIONAL SAAT PANDEMI   SEBANYAK 491 WARGA BINAAN LAPAS KELAS IIA PALEDANG, KOTA BOGOR, TERIMA REMISI KHUSUS IDUL FITRI