Kompas TV regional budaya

Roemah Makan Rakjat di Pekalongan Berbagi Makanan Gratis

Kompas.tv - 8 Februari 2021, 12:11 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Rumah makan yang terletak di depan Masjid Walisongo, Jalan Kusuma Bangsa, Kelurahan Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, cukup unik. Pasalnya, rumah makan yang diberi nama "Roemah Makan Rakjat" ini didirikan khusus untuk menyediakan menu makan siang gratis bagi siapa saja yang datang, khususnya bagi mereka yang tidak mampu.

Tepat pukul 12.00 WIB, warga sudah berkumpul untuk mendapatkan makan siang lengkap dengan lauk dan teh hangat maupun air putih. Karena masa pandemi Covid-19, nasi dan lauk diambilkan oleh para sukarelawan.

Untuk mereka yang tidak memakai masker, biasanya sukarelawan akan membagikan secara gratis. Karena Rumah Makan Rakyat wajib menerapkan protokol kesehatan.

Salah seorang warga yang bekerja sebagai buruh mengaku setiap hari dirinya selalu datang kesini karena gratis. Selain itu masakannya juga enak dan berbeda-beda setiap harinya.

Pengelola Roemah Makan Rakjat (RMR) Maya menjelaskan, sukarelawan terinspirasi dari gerakan makan gratis yang sudah berjalan disejumlah kota lain. Menurut Maya, tujuan pendirian Roemah Makan Rakjat adalah murni aksi kepedulian untuk membantu masyarakat yang kurang mampu, khususnya akibat terdampak pandemi Covid-19. Tiap harinya, RMR  menyediakan 150 lebih porsi makan siang.

Maya menegaskan bahwa Roemah Makan Rakjat tersebut murni gerakan sosial dan tidak didominasi oleh salah satu komunitas, organisasi, ataupun partai manapun. Donatur datang dari berbagai kalangan dan latar belakang yang peduli sesama khususnya di masa pandemi Covid-19.

#RoemahMakanRakjat #KotaPekalongan #PandemiCovid-19

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.