Kompas TV internasional kompas dunia

Penderita Covid-19 Melahirkan Saat Koma, Bertemu Bayinya Setelah 75 Hari Berjuang Untuk Sembuh

Kompas.tv - 8 Februari 2021, 06:45 WIB
penderita-covid-19-melahirkan-saat-koma-bertemu-bayinya-setelah-75-hari-berjuang-untuk-sembuh
Kelsey Townsend (membelakangi kamera) saat pulang dari rumah sakit. Bayi ini Lucy, yang ia lahirkan saat Koma di rumah sakit. Kelsey bisa menemui bayinya setelah 75 hari berjuang mengalahkan Covid-19 (Sumber: AP Photo/Taryn Ziegler)
Penulis : Edwin Shri Bimo

WISCONSIN, KOMPAS.TV - Seorang ibu muda yang koma akibat Covid-19 melahirkan anaknya saat sedang koma di rumah sakit dan setelah hampir tiga bulan kemudian, akhirnya bisa bertemu dengan buah hatinya. 

Ibu muda itu bernama Kelsey Townsend asal Wisconsin, Amerika Serikat, melahirkan anak ke 4 nya, Lucy, melalui operasi caesar saat koma dalam perawatan di rumah sakit. 

Townsend berada dalam kondisi koma yang disengaja secara medis karena harus menjalani perawatan serius untuk melawan Covid-19 yang menyerang paru-parunya. Saat koma tanggal 4 November lalu, dokter atas persetujuan suami melakukan operasi sesar agar anaknya dapat lahir.

Baca Juga: Tenaga Medis Ini Histeris Saat Akan Divaksin Covid-19, Ternyata Dirinya Takut Jarum Suntik

Usai melahirkan, Kelsey menghabiskan 75 hari dalam perawatan intensif. Akhirnya pada 27 Januari 2021, Kelsey boleh pulang dari RS Universitas di Madison ke rumah dan bertemu Lucy, anaknya yang dilahirkan saat koma di rumah sakit akibat Covid-19.

Kelsey yang berusia 32 tahun waktu itu positif mengidap virus corona dan dokter memutuskan menidurkannnya dalam keadaan koma, sebelum melakukan operasi cesar di Rumah Sakit St Mary's di Madison, Wisconsin Amerika Serikat.

Sejak itu, Kelsey mendapat bantuan pernapasan untuk menjaga jantung dan paru-parunya. "Hi. I love you. Saya sangat menyayangimu Ya aku sudah merindukanmu," kata Kelsey ketika pertama kalinya melihat Lucy.

Baca Juga: Penyintas Bisa Donor Plasma Darah Konvalesen untuk Bantu Pasien Covid-19

Kelsey Townsend saat pulang dari rumah sakit. Setelah 75 hari berjuang mengalahkan Covid-19, Kelsey Townsend bertemu bayinya yang ia lahirkan saat koma di rumah sakit akibat Covid-19 (Sumber: Taryn Marie Photography)

Kelsey pertama kalinya melihat Lucy tanggal 27 Januari lalu, ketika ia diperbolehkan meninggalkan rumah sakit untuk pulang ke rumah. "Kami langsung merasa dekat ketika bertemu. Dia tersenyum lebar melihat saya, dan memandang saya, seolah-olah dia tahu siapa saya sebenarnya dan itu membuat saya senang sekali," katanya.

Jennifer Krupp, dokter spesialis di rumah sakit tersebut mengatakan hal yang langka bagi rumah sakit untuk bisa membantu kelahiran bayi dari seorang ibu yang sedang menderita parah karena Covid-19.

Saturasi oksigen Kelsey begitu rendah saat ia tiba di rumah sakit, sehingga otak bayi dan organ lainnya berpotensi rusak akibat kekurangan suplai oksigen dari sang ibu.

Baca Juga: Riset Bloomberg: Indonesia Butuh 10 Tahun Lebih untuk Atasi Pandemi Covid-19

Kelsey Townsend saat pulang dari rumah sakit. Bayi di pangkuannya adalah Lucy, yang ia lahirkan saat Koma di rumah sakit. Kelsey bisa menemui bayinya setelah 75 hari berjuang mengalahkan Covid-19 (Sumber: AP Photo/Taryn Ziegler)


Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x