Kompas TV regional wawancara

BKSD Ceritakan Situasi Tegang saat Cari Harimau Lepas di Sinka Zoo yang Masih Berhutan

Minggu, 7 Februari 2021 | 22:02 WIB

SINGKAWANG, KOMPAS.TV - Harimau yang sempat lepas dari kebun binatang Sinka Zoo Singkawang dan telah ditangkap kini dalam penanganan petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Barat.

Usai ditangkap dengan menggunakan tembak bius, Tora satu dari dua harimau yang telah ditangkap petugas sudah mendapatkan penanganan dokter hewan.

Kepala BKSDA Kalbar, Sadtata Noor Adirahmanta, menjelaskan bagaimana situasi proses penangkapan kedua harimau ini.

Sinka Zoo, dijelaskan Tata, merupakan kebun binatang yang masih didominasi hutan dan semak-semak. Sehingga proses pencarian harimau pun tak mudah.

“Tidak mudah menemukan dua ekor harimau ini, jadi situasi cukup menegangkan waktu itu,” jelas Tata saat dihubungi KompasTV, Minggu (7/2/2021).

“Situasi psikologis tim cukup tegang ya,” lanjutnya.

Tata juga mengatakan saat proses pencarian, ditemukan seekor monyet yang mati.

“Kami melihat harimau tersebut sudah memakan seekor monyet dan beberapa koleksi satwa di kebun binatang juga sudah dibunuh, artinya sifat liarnya mulai muncul lagi,” terangnya.

Tata juga menggambarkan situasi kebun binatang Sinka Zoo yang masih berupa hutan, berbatasan dengan pemukiman.

Sementara itu. kondisi kesehatan harimau yang telah ditangkap saat ini terus dipantau tim BKSDA Kalbar.

Hingga saat ini area Sinka Zoo masih ditutup untuk umum pasca lepasnya dua harimau.

Lebih lengkap soal penangkapan dua harimau lepas di dari kebun binatang Sinka Zoo, Singkawang, Kalimantan Barat simak dialog selengkapnya bersama Kepala BKSDA Kalbar, Sadtata Noor Adirahmanta.

Penulis : Reny Mardika





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:20
SATGAS COVID-19: 11.733.923 JIWA TELAH DIVAKSIN KORONA DOSIS PERTAMA DAN 6.822.304 JIWA TELAH DIVAKSIN DOSIS KEDUA   KEMENTAN PREDIKSI DALAM 5 TAHUN MENDATANG INDUSTRI COKELAT INDONESIA AKAN MENINGKAT PESAT   MENAG YAQUT CHOLIL QOUMAS AJAK UMAT ISLAM SHALAT GAIB BAGI 53 AWAK KRI NANGGALA-402   BELASAN NARAPIDANA DI LAPAS KELAS IIA JEMBER, JATIM, POSITIF COVID-19   MENHAN SINGAPURA NG ENG HEN SAMPAIKAN BELASUNGKAWA ATAS GUGURNYA 53 AWAK KRI NANGGALA-402   POLRI DIRIKAN 2 POSKO SAR BANTU PENGANGKATAN KRI NANGGALA-402   HONG KONG DAN SINGAPURA AKAN BUKA "TRAVEL BUBBLE" PADA 26 MEI 2021   KASAL LAKSAMANA YUDO MARGONO MENYEBUT KRI NANGGALA-402 LAYAK MENYELAM DAN BERLATIH TEMPUR   KASAL LAKSAMANA YUDO MARGONO TEGASKAN TENGGELAMNYA KRI NANGGALA BUKAN DIAKIBATKAN OLEH "HUMAN ERROR"   PEMKOT TANGERANG PASTIKAN THR LEBARAN 2021 UNTUK ASN AKAN SEGERA DIBAYARKAN   PEMKAB AGAM, SUMBAR, TUTUP KEGIATAN SEKOLAH TATAP MUKA SETELAH TERJADI LONJAKAN KASUS KORONA DARI KLASTER SEKOLAH   KEMENDIKBUD: INFO SOAL BANTUAN DARI KEMENDIKBUD BISA DILIHAT DI KUOTA-BELAJAR.KEMDIKBUD.GO.ID   KEMENDIKBUD: INFORMASI BANTUAN KUOTA BELAJAR 105 GB DAN PULSA RP 200.000 DARI KEMENDIKBUD ADALAH HOAKS   KPK SIAP HADAPI GUGATAN PRAPERADILAN MANTAN DIRUT PT PELINDO II RJ LINO DI PN JAKSEL