Kompas TV nasional update corona

BPOM Dikabarkan Setuju Lansia Terima Suntikan Vaksin Sinovac, Ini Rentang Usia dan Interval Dosisnya

Kompas.tv - 7 Februari 2021, 06:25 WIB
bpom-dikabarkan-setuju-lansia-terima-suntikan-vaksin-sinovac-ini-rentang-usia-dan-interval-dosisnya
Badan POM dan vaksi Sinovac. Menurut lembar fakta vaksin CoronaVac yang diterbitkan BPOM, penggunaan vaksin bagi lanjut usia ditujukan kepada mereka yang berusia 60 tahun keatas dan 70 tahun kebawah (Sumber: istimewa)
Penulis : Edwin Shri Bimo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berbagai laporan menyebutkan Badan Pengawas Obat dan Makanan BPOM Indonesia sudah memberi sinyal persetujuan bagi vaksin Covid-19 buatan Sinovac Biotech bagi orang lanjut usia, demikian dilaporkan kantor berita Reuters pada Sabtu, (06/02/2021). 

Menunggu pernyataan resmi BPOM tentang penyuntikan vaksin Covid-19 buatan Sinovac bagi lansia, maka definisi lanjut usia menurut lembar fakta vaksin CoronaVac yang diterbitkan BPOM adalah mereka yang berusia 60 tahun keatas dan 70 tahun kebawah. 

Artinya, rentang usia 60 hingga batas usia 70 tahun.

Untuk 70 tahun keatas, penelitian Sinovac masih terbatas sehingga berdasarkan kebijakan BPOM, per hari ini (07 Februari 2021) belum terlihat ada panduan pemberian vaksin Covid-19 buatan Sinovac untuk rentang usia tersebut. 

Baca Juga: BPOM Beri Izin Vaksin CoronaVac Buatan Sinovac, Efikasi 65,3 Persen

Menurut lembar fakta dari Pusat Informasi Obat Nasional BPOM tentang Vaksin CoronaVac buatan Sinovac, kelompok umur penerima vaksin tersebut dibagi menjadi dua;

Dewasa usia 18 - 59 tahun

Untuk situasi darurat, jadwal imunisasi adalah dua dosis dengan interval waktu dua minggu (hari 0 dan hari ke 14), dimana setiap dosis diberikan sebanyak 0,5 mL

Untuk situasi rutin, jadwal imunisasi adalah dua dosis dengan interval waktu 4 minggu (hari 0 dan hari 28), dimana setiap dosis diberikan sebanyak 0.5 mL

Lanjut Usia 60 tahun ke atas

  • Untuk imunisasi kepada kelompok lanjut usia, jadwal imunisasi adalah dua dosis dengan interval 4 minggu (hari 0 dan hari 28), dimana setiap dosis diberikan sebanyak 0.5 mL

Walau begitu lembar data itu menyebutkan, penelitian atas CoronaVac bagi penerima suntikan vaksin berusia diatas 70 tahun masih terbatas. Sementara Dosis Penguat (Booster Dose) belum ditentukan. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.