Kompas TV nasional peristiwa

PDIP Tak Menutup Kemungkinan Usung Anies Baswedan di Pilkada Mendatang

Kompas.tv - 5 Februari 2021, 07:03 WIB
pdip-tak-menutup-kemungkinan-usung-anies-baswedan-di-pilkada-mendatang
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperlihatkan penghargaan Kota dan Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia, Kamis (24/12/2020). (Sumber: Facebook Anies Baswedan)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV-Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Gembong Warsono menyebutkan tidak ada yang mustahil di dunia politik. Termasuk PDIP mencalonkan Gubernur Anies Baswedan di Pilkada Jakarta.


"Ya politik itu kan tidak ada yang tidak mungkin, ini kan soal politik," ucapnya saat dikonfirmasi, Kamis (4/2/2021), seperti dikutip Tribunnews. com.

Menurut Gembong, dalam politik semua kemungkinan bisa terjadi, termasuk mencalonkan Anies Baswedan yang selama ini sering dikritik kinerjanya oleh anggota DPRD dari PDIP.  

"Politik itu tidak ada yang tidak mungkin. Pertanyaannya apakah tidak mungkin mengusung Anies? Ya ini kan politik, tidak ada yang tidak mungkin," ujarnya.

Baca Juga: Belum Mau Umumkan Diri Maju Pilkada, Anies Milih Urus Covid-19

Seperti diketahui, hubungan Anies dan partai pendukungnya yaitu Gerindra  sedang diterpa isu negatif. Lontaran Ketua DPC Gerindra Jakarta Timur Ali Lubis  agar Anies mundur, menyiratkan bahwa hubungan Anies dan Gerindra sedang tidak baik-baik saja.


Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Adi Prayitno menyebutkan, tanda-tanda keretakan Anies Baswedan dan Gerindra bahkan sudah terlihat sejak jauh hari.

"Memang sudah kelihatan pecah kongsi Anies dan Gerindra DKI," kata Adi kepada Kompas.com, Selasa (2/2/2021).

Adi menilai, tanda-tanda Anies dan Gerindra pecah kongsi sudah mulai terlihat dari alotnya pemilihan wakil gubernur DKI Jakarta untuk menggantikan Sandiaga Uno yang mengundurkan diri.

Anies bersama dua partai pengusungnya, yakni Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), membutuhkan waktu lebih dari satu tahun untuk memilih wagub yang akhirnya terpilih Ahmad Riza Patria.

Baca Juga: Terkait Cuitan Minta Anies Baswedan Mundur, DPP Gerindra Tegur Ketua DPC Jakarta Timur


Adi pun memprediksi Gerindra memang sudah mempersiapkan Ahmad Riza Patria sebagai calon gubernur dalam pilkada DKI selanjutnya.

"Kan sudah kelihatan sejak awal, Gerindra ini sudah memilih untuk tidak semesra dulu dengan Anies dan sudah punya calon lain, yaitu Pak Riza Patria," kata Adi.

Adi pun menilai parpol yang saat ini masih loyal dan akan mendukung Anies hanyalah PKS.

Namun, masalahnya, PKS tak memiliki cukup kursi untuk bisa mengusung Anies sendirian.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x