Kompas TV video cerita indonesia

Bupati Terpilih Sabu Raijua WNA, Kemendagri Pertimbangkan Tunda Pelantikan

Kompas.tv - 4 Februari 2021, 16:41 WIB
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Dalam Negeri menanggapi polemik Bupati terpilih Sabu Raijua NTT, Orient Patriot Riwu Kore, yang diketahui memegang kewarganegaraan Amerika Serikat (AS).

Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Akmal Malik menyatakan, Kemendagri akan mempertimbangkan usulan untuk menunda pelantikan Orient.

"Kami mencermati usulan yang disampaikan Bawaslu yang memberikan saran agar polemik yang terjadi, Bawaslu mengusulkan kepada KPU untuk dilakukan penundaan. Tentunya usulan Bawaslu ini menjadi bahan bagi pimpinan Kemendagri agar bisa mengambil keputusan yang tepat," kata Akmal dalam jumpa pers Kamis (4/2/2021).

Seiring dengan menanti keputusan dari Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Akmal menyebut pemerintah tetap menghormati proses demokrasi yang terjadi pada Pilkada kabupaten Sabu Raijua.

Namun, Kemendagri belum dapat memastikan terkait kewarganegaraan tersebut, Akmal mengaku Kemendagri menyerahkan pada pihak berwenang terkait status warga negara Orient.

"Tetapi ketika ada fakta hukum yang terjadi sekarang kita juga harus memperhatikan ini sebagai sebuah kerangka yang harus kita antisipasi agar nanti ketika proses Pilkada ini selesai dan bermuara pada pengesahan penetapan pasangan calon melalui putusan Mendagri tidak menimbulkan persoalan di kemudian hari," ungkap Akmal.

Baca Juga: PDI Perjuangan: Orient Riwu Dapat KTA Partai Saat Maju Pilkada NTT



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.