Kompas TV video cerita indonesia

Terkuak!! Ini Alasan Bupati Terpilih Sabu Raijua Punya Paspor Amerika

Kompas.tv - 4 Februari 2021, 11:56 WIB
Penulis : Abdur Rahim

JAKARTA, KOMPAS.TV – Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Akhrulloh mengkonfirmasi, Bupati Sabu Raijua teprilih, Orient Riwu Kore memiliki paspor Amerika.

Hal tersebut ia ketahui usai melakukan percakapan dengan Orient melalui telepon.

“Saya menelepon Pak Orient, dan menanyakan. Apakah betul Bapak memiliki Paspor Amerika Serikat? Beliau menjawab betul, saya pernah memiliki paspor Amerika Serikat”, ungkap Zudan dalam sebuah video yang dikirimkan kepada Kompas TV (3/2).

Menurutnya, alasan Orient memiliki paspor Amerika Serikat adalah karena pekerjaan.

“Sesuai dengan informasi dari Pak Orient, diberi paspor oleh Amerika karena bekerja di unit yang dipekerjakan oleh Amerika, dimana untuk bisa bekerja di sana harus memiliki paspor”, paparnya.

Baca Juga: Dukcapil Beberkan Riwayat Kependudukan Bupati Sabu Raijua Terpilih

Selain memiliki paspor Amerika, Orient juga disebut memilki paspor Indonesia sejak tahun 2019. Zudan menyebut, Bupati Terpilih Sabu Raijua ini tak pernah meninggalkan statusnya sebagai WNI.

“Dan saya juga bertanya, apakah memiliki paspor Indonesia?Beliau mengatakan bahwa Saya sejak 1 April 2019 juga memiliki paspor Indonesia. Kemudian saya berkoordinasi dengan dirjen Imigrasi, untuk menanyakan keberadaan paspor tersebut. beliau menjawab juga benar, sudah diterbitkan paspor. Karena yang bersangkutan Pak Orient ini tidak pernah melakukan pelepasan kewarganegaraan. Artinya, secara sistem ketatanegaraan Indonesia”, pungkasnya.

Sebelumnya, kasus  Bupati Sabu Raijua terpilih ternyata berstatus WNA mencuat di media sosial, pasca dirinya terpilih.

Saat ini, Dukcapil masih akan terus menyelidiki kasus tersebut. Hingga kini, status kewarganegaraan Orient masih belum ditetapakn, apakah WNI atau WNA.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.