Kompas TV klik360 cerita indonesia

Ragam Kain Tradisional Indonesia yang Mendunia

Kamis, 4 Februari 2021 | 09:37 WIB

SOLO, KOMPAS.TV – Indonesia memiliki beragam wastra atau kain tradisional yang namanya sudah dikenal dunia. Karakter dan ciri yang unik jadi daya tarik tiap jenis kain tradisional Indonesia.

Beberapa jenis kain bahkan menarik perhatian masyarakat dunia. Berikut rangkuman ragam kain tradisional Indonesia yang mendunia:

1. Batik

Pada dasarnya batik adalah teknik pembuatan kain dengan perintang warna menggunakan lilin batik. Batik sendiri telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009.

2. Songket

Desain motif khas serta paduan benang warna emas membuat orang tertarik dengan kain tradisional yang banyak ditemukan di Sumatera ini. Pada tahun 2019, kain songket pernah dipamerkan di Remarkable Indonesia Fair 2019 di Chicago dan Indonesia Fashion Show 2019 di Houston.

3. Ulos

Kain ulos adalah kain tradisional khas suku Batak yang memiliki simbol kehangatan, restu, kasih sayang, dan persatuan. Pakaian dari kain Ulos Sadum rancangan Alma Naibaho pernah ditampilkan di Asean Week 2019 di Seoul.

4. Kain Tapis

Tapis merupakan kain tradisional yang berasal dari Lampung. Pada tahun 2016, kain Tapis mendapatkan pujian dari dunia internasional usai dipakai kontingen Indonesia dalam pembukaan Olimpiade di Rio de Janeiro, Brasil.

5. Tenun Ikat Flores

Kain tenun ikat Flores memiliki nilai seni yang tinggi, karena proses pembuatannya memerlukan waktu yang panjang. Desainer Indonesia Julie Laiskodat, menampilkan koleksi busana kain tenun NTT di Paris Fashion Week 2018 yang bertempat di Le Grand Intercontinental Hotel, Paris, Prancis.

6. Tenun Sumba

Selain terkenal dengan wisata, Sumba juga dikenal dengan keindahan kain tenunnya. Kain tenun Sumba mempertahankan motif fauna sebagai ciri khasnya. Di tahun 2018, desainer Handy Hartono memamerkan deretan busana mewah lewat detail embroidery dan beading di atas kain tenun Sumba yang memesona di Vienna Fashion Week.

Koleksi kain tradisional apa saja yang menarik perhatianmu?(*)

Motion Grafis: Agus Eko

Penulis : Gempita Surya

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Dinas Sosial Dirikan Dapur Umum

Senin, 25 Oktober 2021 | 14:10 WIB
Berita Daerah

Syarat Masuk Bali Wajib Tes PCR

Senin, 25 Oktober 2021 | 14:02 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
14:16
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19