Kompas TV regional politik

Jika Terbukti Bupati Terpilih Sabu Raijua Adalah WN Amerika, Maka Kemenangannya Gugur

Rabu, 3 Februari 2021 | 21:02 WIB

NUSA TENGGARA TIMUR, KOMPAS.TV - Bawaslu Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur, menyebut Bupati terpilih Sabu Raijua, Orient P Riwu Kore, merupakan warga negara Amerika Serikat.

Informasi soal kewarganegaraan Bupati terpilih Sabu Raijua, Orient P Riwu Kore, didapat Bawaslu dari Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta yang menyatakan bahwa Orient P Riwu Kore, merupakan warga negara Amerika.

KPU mengatakan proses pemeriksaan administrasi kependudukan sebelumnya telah dilakukan untuk memastikan kewarganegaraan Orient Riwu Kore.

Pada Pilkada Sabu Raijua Desember lalu, pasangan Orient Riwukore dan Thobias Uly Diusung oleh PDIP dan Demokrat.

Setelah mendapat balasan dari Kedutaan Besar Amerikas Serikat, informasi soal kewarganeragaan bupati terpilih Sabu Raijua, Orient Riwu Kore, kembali didalami oleh Bawaslu Nusa Tenggara Timur.

Bawaslu Nusa Tenggara Timur Masih menunggu dokumen resmi dari Kedutaan Besar Amerika Serikat terkait kewarnegaraan Orient. 

Hari ini (03/02) di Jakarta, Bawaslu juga sudah mendatangi kantor Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta untuk meminta dokumen terkait kewarganegaraan Orient Riwu.

Semenatara itu Wakil Ketua Komisi II DPR RI, meminta, pihak berwenang, untuk memeriksa kebenaran status kewarganegaraan, Bupati Sabu Raijua terpilih.

Wakil Ketua Komisi II DPR Fraksi Partai Persatuan Pembangunan, Syamsurizal, menyebut, Kemendagri, KPU, dan Bawaslu pusat, perlu mengecek, keabsahan status kewarganegaraan, Bupati Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur.

Menurut Syamsurizal, jika memang Bupati terpilih Sabu Raijua terbukti masih aktif sebagai Warga Negara Amerika, maka kemenangannya, gugur. 

Penulis : Dea Davina





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:58
INACA MEMPREDIKSI INDUSTRI PENERBANGAN MULAI MEMBAIK PADA AWAL 2022 UNTUK PENERBANGAN DOMESTIK   KETUM INACA DENON PRAWIRAATMADJA: KINERJA INDUSTRI PENERBANGAN DALAM NEGERI MEROSOT TAJAM PADA 2020   LEMBAGA TES MASUK PERGURUAN TINGGI (LTMPT): TINGKAT KEHADIRAN PESERTA UTBK TAHUN INI NAIK DIBANDING 2020   SEBANYAK 80.000 BENIH LOBSTER SENILAI RP 8 MILIAR DIAMANKAN DI BANDARA JUANDA SURABAYA   DISNAKER SURABAYA BENTUK SATGAS DAN POSKO PENGADUAN SOAL THR   PEMPROV DKI MENYATAKAN AKAN TINGKATKAN KOMPOSISI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) 2021/2022   PENGELOLA BANDARA SOEKARNO-HATTA SEBUT BELUM AKAN TERAPKAN TES GENOSE C19 PADA MEI 2021   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD MEMINTA PARA OBLIGOR BLBI SECARA SUKARELA MEMBAYAR UTANG KEPADA NEGARA   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD: UTANG BLBI KEPADA NEGARA MENCAPAI LEBIH DARI RP 110 TRILIUN   BMKG: MASIH ADA PELUANG CUACA EKSTREM DI WILAYAH BANDUNG DAN SEKITARNYA HINGGA AKHIR APRIL 2021   BNPB: SEPANJANG 2021, SEBANYAK 1.125 BENCANA ALAM YANG TERJADI DI INDONESIA   WNI POSITIF KORONA DI LUAR NEGERI BERJUMLAH 4.225 ORANG: 3.316 SEMBUH, 181 MENINGGAL DUNIA, DAN 728 DALAM PERAWATAN   HINGGA 15 APRIL 2021, PASIEN COVID-19 DI INDONESIA MENCAPAI 1.589.359 ORANG, 1.438.254 SEMBUH, DAN 43.073 MENINGGAL DUNIA   JUBIR SATGAS COVID-19 WIKU ADISASMITO MINTA TIM VAKSIN NUSANTARA SEBAIKNYA BERKOORDINASI DENGAN BPOM