Kompas TV religi beranda islami

Tolong Menolong Dalam Maksiat

Kompas.tv - 3 Februari 2021, 20:09 WIB
Penulis : Agung Pribadi

Imam Nawawi rahimahullah pernah berkata, “Barangsiapa yang memberi petunjuk pada kebaikan, maka ia akan mendapatkan pahala seperti orang yang mengikutinya. Sedangkan barangsiapa yang memberi petunjuk pada kesesatan, maka ia akan mendapatkan dosa seperti orang yang mengikutinya."

Hal ini sesuai dengan bunyi sebuah hadist,

“Barangsiapa yang memberi petunjuk pada kejelekan, maka ia akan mendapatkan dosa dari perbuatan jelek tersebut dan juga dosa dari orang yang mengamalkannya setelah itu tanpa mengurangi dosa mereka sedikit pun juga.” (HR. Muslim no. 1017).

Maka, ada kewajiban untuk saling membantu di antara kaum Mukminin untuk menegakkan agama dan larangan bagi mereka untuk bekerjasama dalam menodainya.

Dan bukan melakukan hal sebaliknya yaitu malah melemahkan semangat beramal orang, mengejek orang yang berusaha konsisten dengan syariat maupun menjadi pelaku tersebarnya perbuatan maksiat di tengah masyarakat.

Allah Azza wa Jalla berfirman:

"Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya" [al-Maidah/5:2]



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x