Kompas TV internasional kompas dunia

Sempat Tangani Skandal Seks Bill Clinton, Detektif Terkenal Jack Palladino Tewas Diserang Perampok

Kompas.tv - 3 Februari 2021, 06:00 WIB
sempat-tangani-skandal-seks-bill-clinton-detektif-terkenal-jack-palladino-tewas-diserang-perampok
Detektif swasta Jack Palladino. Foto diambil pada 12 Agustus 1982. (Sumber: Eric Luse / San Francisco Chronicle via AP)
Penulis : Vyara Lestari

SAN FRANSISCO, KOMPAS.TV – Jack Palladino, penyelidik swasta yang terkenal dengan gaya flamboyannya, meninggal dunia pada Senin (1/2) di usia 76 tahun. Palladino menderita cedera otak parah pada Kamis pekan lalu usai diserang dua orang perampok yang mencoba merebut kamera miliknya di luar kediamannya di distrik Haight-Ashbury, San Fransisco, Amerika Serikat (AS).

Palladino berupaya mempertahankan kameranya, namun terjatuh dan akibatnya, kepalanya terluka. Foto yang diambilnya sebelum para penyerangnya kabur digunakan polisi untuk melacak para pelaku. Keduanya tertangkap dan didakwa telah melakukan penyerangan menggunakan senjata mematikan dan kejahatan lainnya.

 “Ia pasti senang jika tahu bahwa berkat foto jepretannya, para pelaku berhasil ditangkap,” ujar Sandra Sutherland sang istri seperti dikutip dari Associated Press pada Selasa (2/2). Ia menambahkan bahwa selagi sang suami terkapar tak sadar di rumah sakit, ia berkata padanya, “Coba tebak, Jack, mereka berhasil menangkap para pelakunya, dan itu semua berkat kerjamu!”

Baca Juga: Seorang Pria Bersenjata Tembak 2 Detektif Polisi di AS

Dalam karir sebagai detektif swasta selama lebih dari 40 tahun, klien Palladino berkisar mulai dari presiden dan para pembisik perusahaan hingga selebritis dan petinggi Hollywood yang terlibat skandal. Terkadang, para pengedar narkoba pun jadi kliennya. Pahlawan atau bahkan penjahat di mata masyarakat, pernah menjadi kliennya.

Tangani Skandal Seks Mantan Presiden AS Bill Clinton

Palladino pernah dipekerjakan oleh tim kampanye kepresidenan Bill Clinton pada 1992 silam untuk membungkam para perempuan yang mengklaim telah berhubungan seks dengan sang calon presiden pada saat itu.

Ia juga menjadi penyelidik bagi keluarga seorang bocah 14 tahun yang berhasil memenangkan jutaan dolar AS sebagai hasil kesepakatan dari Michael Jackson seusai dituduh telah melecehkan sang bocah. Dalam kasus itu, Jackson sendiri tak pernah menuai dakwaan kejahatan.

Baca Juga: The Dissident, Film Dokumenter Pembunuhan Keji Jurnalis Jamal Kashoggi

Dua dari sejumlah klien terkemukanya adalah mantan petinggi perusahaan tembakau dan pembisik Jeffrey Wigand dan mantan petinggi perusahaan otomotif John DeLorean.

Dalam kasus Wigand, Palladino berhasil mengungkap kampanye yang sengaja digelar oleh Big Tobacco untuk mencoreng mantan petinggi Brown and Williamson Tobacco Corp. Tuduhan Palladino yang menyebut bahwa produk tembakau dibubuhi bahan kimia untuk membuatnya makin adiktif, kemudian menyebar ke publik. Palladino juga memerankan dirinya sendiri dalam “The Insider”, film di tahun 1999 yang mengangkat kasus tersebut.  

Pada kasus DeLorean, Palladino menemukan bahwa mantan petinggi General Motors itu telah dijebak oleh pihak berwenang. DeLorean didakwa telah menyelundupkan kokain senilai jutaan dolar AS sebagai upaya untuk menopang bisnis miliknya, DeLorean Motor Co. Berkat Palladino, DeLorean kemudian dibebaskan.

“Jack merupakan pilar komunitas hukum dan profesional. Ia percaya pada proses hukum dan hak Amandemen Pertama, terutama kebebasan bicara dan kebebasan pers,” ujar pengacara Palladino, Mel Honowitz dengan nada sedih usai mengonfirmasi kabar kematian Palladino.

Baca Juga: Sutradara Hendak Ungkap Pembunuh Ibunya Lewat Serial Film Dokumenter

Meski terkadang masih menerima sejumlah kasus, Palladino sebenarnya telah pensiun setahun lalu, kata sang istri. Palladino dan sang istri hendak pergi berlibur dan memperdalam fotografi yang menjadi hobi keduanya.

Pasangan Palladino dan Sutherland menikah pada 1977, di tahun yang sama saat mereka mendirikan Palladino & Sutherland Investigations.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x