Kompas TV internasional kompas dunia

Vaksin Sputnik V Rusia Catat Tingkat Efikasi 92%

Kompas.tv - 2 Februari 2021, 21:57 WIB
vaksin-sputnik-v-rusia-catat-tingkat-efikasi-92
Vaksin Sputnik V asal Rusia memiliki tingkat efikasi 92%. (Sumber: sputnikvaccine.com)
Penulis : Ahmad Zuhad

MOSKOW, KOMPAS.TV - Vaksin Covid-19 asal Rusia Sputnik V mencatatkan tingkat efikasi 92 persen, tepatnya 91,6 %.  Dengan temuan itu, ilmuwan menyatakan vaksin ini aman dan bisa mencegah infeksi Covid-19 gejala berat dan mematikan.

Hal ini diketahui dari laporan dalam jurnal medis Lancet.

"Pengembangan vaksin Sputnik V telah dikritik karena ketergesa-gesaan yang tidak pantas, mengambil jalan pintas, dan tidak adanya transparansi,” tulis Ian Jones dan Polly Roy, peneliti Sputnik V.

Baca Juga: Dipercepat, Indonesia Terima 140 Juta Bahan Baku Vaksin Covid-19 Bertahap Hingga Juli 2021

"Tetapi hasil yang dilaporkan di sini jelas dan prinsip ilmiah dari vaksinasi telah ditunjukkan, yang berarti satu lagi vaksin sekarang dapat ikut membantu upaya mengurangi kasus Covid-19," tulis keduanya dalam laporan itu.

Uji coba ini melibatkan 21.977 relawan dengan usia minimal 18 tahun.

Vaksin Sputnik V sebelumnya menuai kontroversi karena digunakan untuk vaksinasi Covid-19 sebelum data uji coba tahap akhir dirilis.

Kini, temuan itu menempatkan vaksin Sputnik V sejajar dengan vaksin Pfizer, Oxford/AstraZeneca, dan Moderna.

Vaksin Sputnik bekerja dengan cara yang mirip dengan suntikan vaksin AstraZeneca yang dikembangkan di Inggris. Vaksin ini menggunakan virus tipe dingin, yang direkayasa agar tidak berbahaya, sebagai pembawa pecahan kecil virus corona ke dalam tubuh.

Dengan itu, tubuh dapat mengenali kode genetik Covid-19 secara aman. Tubuh pun dapat ancaman dan belajar melawan virus Covid-19, tanpa berisiko jatuh sakit.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x