Kompas TV regional berita daerah

Persiapan Anggaran untuk Perbaikan Jalur Evakuasi Pengungsi Merapi dan Penerangan

Selasa, 2 Februari 2021 | 21:28 WIB
persiapan-anggaran-untuk-perbaikan-jalur-evakuasi-pengungsi-merapi-dan-penerangan
Erupsi Gunung Merapi, abu vulkanik setinggi 6.000 meter, pada Minggu (21/6/2020). (Sumber: Twitter @BPPTKG)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV-Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Sleman diminta untuk mengambil langkah-langkah penanggulangan darurat bencana terkait erupsi Gunung Merapi. Tak terkecuali, pengajuan anggaran untuk penanganan erupsi Gunung Merapi.

“Dana itu bisa digunakan untuk segala hal yang berkaitan dengan evakuasi dan pengungsian akibat erupsi Gunung Merapi,” ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, Joko Supriyanto, Selasa (2/2/2021).

Ia mengatakan masing-masing OPD bisa mengajukan anggaran untuk penanangan erupsi Gunung Merapi dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA). Misal, Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Sleman bisa mengusulkan dana untuk perbaikan jalan di sepanjang jalur evakuasi pengungsi.

Baca Juga: BPBD Belum menambah Posko Pengungsian Erupsi Merapi

Menurut Joko, Dinas Perhubungan (Dishub) Sleman juga bisa megajukan anggaran untuk perbaikan penerangan di sepanjang jalur evakuasi pengungsi Merapi. OPD lainnya pun juga bisa mengusulkan anggaran yang realisasinya menggunakan dana Belanja Tak Terduga (BTT) selama masa tanggap darurat.

Bupati Sleman Sri Purnomo juga sudah mengeluarkan Surat Edaran (SE) terkait perpanjangan tanggap darurat bencana erupsi Merapi yang berlaku mulai 1 sampai 28 Februari 2021.

Baca Juga: Belajar Mitigasi Erupsi Merapi dari Sejarah Kerajaan Mataram Kuno

Penulis : Switzy Sabandar





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:50
SEBANYAK 40 ORANG TERLUKA DAN 6 LAINNYA HILANG AKIBAT DITERJANG ANGIN TOPAN DI WUHAN, TIONGKOK   KEMENHUB SIAPKAN POS TES USAP ANTIGEN DI PELABUHAN BAKAUHENI DAN GILIMANUK ANTISIPASI ARUS BALIK   ANTISIPASI ARUS BALIK, SATGAS COVID-19 SIAPKAN 200.000 ALAT TES CEPAT KORONA ANTIGEN DI PELABUHAN BAKAUHENI   BUPATI KEDIRI HANINDHITO HIMAWAN PRAMANA TANGKAP BASAH CAMAT PURWOASRI YANG MINTA THR KE TIAP DESA   GERBANG TOL CILEGON BARAT DAN CILEGON TIMUR DITUTUP SEMENTARA UNTUK PERLAMBAT ARUS KENDARAAN MENUJU ANYER   ARUS LALU LINTAS DI TOL TANGERANG-MERAK DIALIHKAN IMBAS KEMACETAN MENUJU PANTAI ANYER   KADIN AKAN LAKSANAKAN VAKSINASI GOTONG ROYONG SETELAH IDUL FITRI   SEBANYAK 8 ORANG TEWAS DALAM KECELAKAAN SELAMA MASA OPERASI KETUPAT KRAKATAU 2021 DI LAMPUNG   ANGGOTA DPRD KABUPATEN ENDE, NTT, RIBERU KANISIUS, MENINGGAL DUNIA   GUBERNUR KALIMANTAN BARAT: SAAT INI TERDAPAT LEBIH DARI 1.000 KASUS COVID-19 AKTIF DI KALBAR   GUBERNUR KALBAR MENDUGA BEREDARNYA SURAT PALSU BEBAS COVID-19 JADI SEBAB MENINGKAT KASUS DI WILAYAHNYA   GUBERNUR JAWA TIMUR: INFORMASI SOAL JATIM ALAMI LEDAKAN KASUS COVID-19 ADALAH HOAKS   POLISI TANGKAP PERUSAK PAGAR TPU UTAN KAYU, JAKARTA TIMUR   POLRES CIANJUR, JABAR, TUTUP JALUR MENUJU PUNCAK-CIPANAS MULAI DARI BUNDARAN TUGU LAMPU GENTUR "BY-PASS"-CIANJUR