Kompas TV internasional kompas dunia

Donald Trump Kembali Masuk Daftar Nominasi Nobel Perdamaian

Selasa, 2 Februari 2021 | 16:56 WIB
donald-trump-kembali-masuk-daftar-nominasi-nobel-perdamaian
Donald Trump dan Istrinya, Melania Trump ketika meninggalkan Gedung Putih untuk selamanya, Rabu, 20 Januari 2021. (Sumber: Associated Press)

TALLINN, KOMPAS.TV - Mantan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump kembali masuk dalam daftar nominasi penerima Nobel Perdamaian 2021.

Trump bergabung dengan nominasi Nobel Perdamaian lain, seperti aktivis perubahan iklim Greta Thunberg, oposisi Rusia Alexei Navalny, dan WHO. Thunberg sekali lagi ‘bertemu’ dengan Trump yang menyangkal kebenaran perubahan iklim.

Baca Juga: Usai Tinggalkan Gedung Putih, Trump Disindir Greta Thunberg: "Sangat Menyenangkan untuk Dilihat"

Nama Trump diajukan oleh seorang anggota parlemen Estonia bernama Jaak Madison. Madison adalah anggota partai populis sayap kanan EKRE. Madison menyatakan, Trump berkontribusi menjamin stabilitas Timur Tengah.

“Donald Trump adalah presiden pertama Amerika Serikat dalam tiga puluh tahun terakhir yang belum memulai perang apa pun," kata Madison melalui akun Facebook-nya, seperti dilansir Euro News, Selasa (2/2/2021).

Madison menulis, Trump terlibat dalam kesepakatan normalisasi hubungan Israel dan Uni Emirat Arab pada 2020.

“Selain itu, beberapa perjanjian perdamaian telah dibuat di bawah kepemimpinannya di Timur Tengah, yang telah membantu memastikan stabilitas di kawasan dan perdamaian," tambah Madison.

Madison mengajukan nama Trump dua jam sebelum batas waktu pengajuan nama nominasi Nobel 2021 pada Minggu (31/1/2021).

Komite Nobel memang memperbolehkan anggota parlemen nasional saat ini untuk mencalonkan seseorang untuk menerima Nobel Perdamaian.

"Saya jelas bukan satu-satunya yang menominasikan kandidat ini, tapi seperti yang kita ketahui, semakin banyak pengajuan, semakin besar kemungkinan masuknya. Mari kita lihat siapa yang akan mendapat Hadiah Nobel Perdamaian," tulis Madison.

Penulis : Ahmad Zuhad

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:45
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19