Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Investasi Saham GameStop, Anak 10 Tahun Untung 5.300%

Kompas.tv - 2 Februari 2021, 12:37 WIB
investasi-saham-gamestop-anak-10-tahun-untung-5-300
Ilustrasi toko GameStop (Sumber: MarketInsider)
Penulis : Dina Karina

JAKARTA, KOMPAS.TV- Fenomena melonjaknya harga saham GameStop ikut dinikmati oleh seorang bocah berusia 10 tahun, dari San Antonio, Amerika Serikat. Bocah itu menjual saham GameStop miliknya senilai US$ 3.200 atau setara Rp 44,8 juta (kurs Rp 14.000), setelah saham GameStop melambung tinggi.

Anak bernama Jayden Carr itu awalnya mendapat hadiah 10 lembar saham GameStop dari ibunya, pada 2019 lalu. Saat itu Jaydyn baru berusia 8 tahun. Ibu Jayden, Nina Carr, memilih saham GameStop karena tahu anaknya sangat menyukai video game dan ingin mengajarinya berinvestasi.

"Saya seperti, 'Saya bisa memberinya saham GameStop dan memberinya sesuatu yang nyata untuk dipegang dan dengan cara itu dia bisa menghargainya seperti itu'," kata Nina seperti dikutip dari CNN, Selasa (02/02/2021).

Baca Juga: Ingin Investasi Saham? Kenali Cara Kerja Indeks Harga Saham Gabungan

Saat membeli untuk Jaydyn, saham GameStop masih berada di harga US$ 6 per lembar. Nina pun mencetak bukti kepemilikan saham, kemudian membingkainya untuk Jaydyn.

"Sangat keren bahwa saya mendapatkan saham di salah satu perusahaan yang paling sering saya gunakan," kata Jaydyn. Ia memang sudah cukup lama membeli berbagai video game dari GameStop.

Nina yang telah menjadi investor aktif di pasar saham selama 5 tahun, mengikuti perkembangan harga saham GameStop selama ada aksi sekelompok investor ritel yang tergabung di platform Reddit, yang 'mengerjai' para hedge fund atau bandar. Sejak saat itu, saham GameStop sudah naik hingga lebih dari 1.500%.

Baca Juga: Penggemar Elon Musk, Bocah 7 Tahun Ini Gemparkan Uganda dengan Kemampuan Terbangkan Pesawat

Lalu pada suatu pagi, Nina melihat saham GameStop yang berada di level US$ 350 mulai turun drastis. Ia pun segera bertanya pada putranya terkait langkah yang akan mereka lakukan.  Jaydyn menjawab ia ingin menjual sahamnya.

"Saya ingin menjualnya saat itu juga karena saya tahu itu bisa turun dalam beberapa detik," kata Jaydyn.

Baca Juga: Cocok Untuk Kaum Rebahan, Ini Keuntungan Investasi ORI019

Saham milik Jaydyn akhirnya terjual dengan harga US$ 320 per saham. Sehingga Jaydyn mendapatkan uang sebesar US$ 3.200 atau setara Rp 44,8 juta, dari hasil investasinya dulu yang hanya sebesar US$ 60.

Anak itu pun menabung uang nya sebesar US$ 2.200 Dan sisanya akan di investasikan ke saham lainnya. Jaydyn mengincar saham Microsoft dan Roblox, sebuah perusahaan game online populer yang sedang mempersiapkan IPO.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x