Kompas TV regional berita daerah

Bantuan Sosial Covid-19 Pemprov Jateng Dihentikan

Kompas.tv - 2 Februari 2021, 10:51 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

BREBES, KOMPAS.TV - Warga Brebes saat ini tidak bisa lagi menikmati bantuan sosial dari pemerintah kabupaten dan pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Penghentian ini didasari oleh surat Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah, pada 13 Januari 2021, terkait penghentian program bantuan sosial.

Pemerintah Kabupaten Brebes pada tahun ini tidak mengalokasikan anggaran untuk bantuan sosial bagi masyarakat terdampak pandemi Covid 19. Bantuan sebesar Rp 200.000 yang dikeluarkan setiap bulan tersebut hanya berjalan tiga kali.

Penghentian program bantuan tersebut, karena kebijakan kelonggaran dari sisi ekonomi baik oleh pemerintah pusat maupun daerah menyatakan bahwa ekonomi masyarakat mulai tumbuh di tengah pandemi yang hingga kini masih berlangsung. Selain itu, Pemerintah Kabupaten Brebes juga menyebut karena alasan kodisi APBD.

Pemerintah Kabupaten Brebes juga mengubah skema kredit bagi pelaku usaha mikro dan menengah, yang mendorong kegiatan UMKM bisa lebih bergairah. Meski demikian, bantuan sosial dari pemerintah pusat baik dari Kementerian Sosial maupun lainnya masih tetap berjalan.

" Ya jadi di tahun 2021 memang di APBD kita, kesepakatan dengan DPRD kita tidak mengalokasikan datanya dengan bantuan yang Rp 200.000 perorang perkeluarga perbulan, seperti yang kemarin tahun 2020. Dikarenakan memang yang pertama bahwa kondisi APBD kita , artinya setelah pandemi covid ini juga, secara kita dari alokasi DAU pun juga belum pulih seperti dulu di awal 2020, kemudian berikutnya adalah kebijakan kelonggaran dari sisi ekonomi, baik dari pusat maupun daerah ini, diharapkan kita melihat bahwa ekonomi-ekonomi sudah mulai tumbuh" kata Joko Gunawan, Sekda Kabupaten Brebes.

Penghentian bantuan sosial dari pemerintah provinsi dan kabupaten ini disampaikan ke masyarakat melalui surat kepada camat untuk diteruskan ke keluarah atau desa. Dengan berhentinya bantuan tersebut, pemerintah akan lebih melihat masyarakat yang lebih memenuhi kriteria sesuai ketentuan Kementerian Sosial.

#BantuanSosial #KabupatenBrebes #KementerianSosial

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.